Forum Akademisi Indonesia: Pelarangan Buku Komunis Merupakan Bahan Koreksi

Forum Akademisi Indonesia: Pelarangan Buku Komunis Merupakan Bahan Koreksi

0
167
Ilustrasi [Sumber: semaraknews/binardip]

Jakarta, Semarak.News – Anggota Dewan Penasihat Forum Akademisi Indonesia (FAI) Farouk Abdullah menilai kekhawatiran terhadap komunisme di Indonesia harus menjadi bahan koreksi bagi seluruh masyarakat Indonesia bahwa kurangnya tingkat kesejahteraan dapat memprovokasi masyarakat.

Pelarangan buku komunis menurutnya merupakan hal yang wajar mengingat sejarah kelam bangsa Indonesia di masa lalu. Tetapi yang perlu diingat adalah melupakan pembangunan kesejahteraan masyarakat akan mempermudah masuknya paham yang tidak sejalan dengan tujuan dan cita-cita bangsa Indonesia.

“Pelarangan buku berbau komunis belum menyentuh persoalan utama, yakni penanganan kesenjangan sosial” ungkapĀ FaroukĀ ketika mengunjungi Kantor Pusat Berita Antara, Rabu (8/6).

Eni Heni Hermaliani selaku ketua umum FAI mengatakan bahwa adanya pelarangan peredaran buku berbau komunis di Indonesia merupakan salah satu bentuk upaya cegah dini. Hal ini dimaksudkan dalam rangka pertahanan dan keamanan mengingat komunis merupakan bahaya laten dan berbahaya bagi negara.

Ketua I FAI, Syahruddin Sukeni menambahkan buku berbau komunis tidak bermasalah apabila digunakan sebagai literatur guna kajian ilmiah tetapi akan menjadi masalah apabila digunakan sebagai propaganda. Menurutnya, pelarangan buku tersebut harus disikapi dengan bijaksana agar tidak berlanjut dan berkembang menjadi konflik berkepanjangan. (BIP)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY