Bawaslu Sumbar, Masyarakat perlu aktif mengawasi Pilkada 2020

Bawaslu Sumbar, Masyarakat perlu aktif mengawasi Pilkada 2020

0
65

Padang, Semarak.News – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Barat melakukan Seminar Eksaminasi Undang-Undang Pemilu dan Pilkada. Seminar ini dilakukan dikarenakan perlunya partisipasi aktif antara masyarakat dan stakeholder dalam mengawasi Pilkada 2020.

Seminar tersebut dilaksanakan selama 2 gelombang. Gelombang pertama dengan fokus Ilmu Pidana, sedangkan Gelombang dua fokus Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara (4-5/11). Seminar yang dihadiri juga beberapa Mahasiswa dan Akademisi dilaksanakan di Hotel Grand Inna Muara Kota Padang.

Surya Efitrimen, Ketua Bawaslu Sumbar mengatakan perlunya keaktifan dari masyarakat dalam pengawasan Pilkada 2020 Provinsi Sumbar. Seminar tersebut didukung juga oleh Bawaslu RI. Buktinya Fritz Edward Siregar, SH., LLM, P.Hd, yang merupakan perwakilan Bawaslu RI membuka langsung acara seminar Bawaslu Sumbar Gelombang ke dua.

Sambungnya, kegiatan Bawaslu Sumbar selanjutnya adalah melakukan pembentukan Panwascam di tiap-tiap daerah. Panwascam yang baru ini akan segera dibentuk menunggu arahan dari Bawaslu RI. Jika sesuai dengan jadwal, maka panwascam tersebut akan di lantik pada bulan Desember 2018.

Selain Panwascam, Surya juga berharap segera ditanda tangani nya NPHD Kabupaten Solok, Solok Selatan, dan Tanah Datar. Sebelumnya ketiga Kabipaten tersebut telah dilakukan mediasi dengan Kemendagri, dan hasilnya telah disepakati nominal NPHD dari tiap-tiap Kabupaten tersebut.

Dengan keaktifan masyarakat dan stakeholder dalam mengawasi jalannya tahapan Pilkada Serentak 2020 Provinsi Sumbar sangat diperlukan. Adanya keaktifan tersebut diharapkan mampu menjadi triger untuk keberlangsungan dan kelancaran Pilkada Sumbar sesuai aturan dan Perundang-undangan. RM

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY