Nasib Mobil Esemka, Ma’ruf : Itu Urusan Swasta, Pemerintah Hanya Mendorong

Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin

Jakarta, Semarak.news – Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma’ruf Amin mengatakan bahwa pemerintah tidak ada unsur campur tangan dalam proyek mobil Esemka. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu menekankan proyek mobil Esemka merupakan urusan swasta..

“Ya itu bukan pemerintah, itu swasta, pengusaha yang ingin membangun dari mobil bengkel menjadi mobil pabrikan,” ujar Ma’ruf saat ditemui di Hotel JW Marriott, Jakarta Selatan, Kamis (8/11).

Ma’ruf berpendapat pemerintah perlu mendorong ide produksi Esemka. Namun, pihaknya enggan menjelaskan hal apa yang perlu difasilitasi untuk mendorong proyek tersebut.

“Itu kan swasta, enggak ada urusannya, mau jadi apa enggak kan urusan dia,” ucapnya.

Saat berkunjung ke Jawa Timur pada September lalu, Ma’ruf sempat menyampaikan bahwa Mobil Nasional Esemka bakal diluncurkan pada Oktober 2018. Akan tetapi, hingga saat ini proyek tersebut masih terhambat dan belum bisa terwujud.

Atas ucapan tersebut, mantan Ketua Rais Aam Nahdlatul Ulama itu sempat dituding menyebar hoaks. Ma’ruf keberatan dengan tuduhan tersebut dan menegaskan bahwa dirinya hanya meneruskan kabar peluncuran Esemka dari pihak yang ingin memproduksi mobil itu.

“Ya kita tunggu saja lah,” katanya.

Esemka menjadi perhatian publik sejak dipopulerkan oleh Joko Widodo kala ia masih menjabat Wali Kota Solo. Esemka sendiri merupakan prototipe mobil uji coba karya pelajar SMK yang dibantu oleh teknisi perusahaan mapan. [CRZ]

TINGGALKAN BALASAN