Nara Pidana Korupsi Nyalon Lagi, Mahasiswa Turun Aksi

diskusi Perwakilan KPU Jatim Dengan Perwakilan Mahasiswa ITS di depan gedung KPU Jatim

Surabaya, Semarak.News- Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) mendatangi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur,  Senin (1/10/2018).

Mereka menggelar aksi masa dan audiensi  dengan KPU terkait narapidana kasus korupsi yang kembali mencalonkan diri pada pemilu 2019.

Hal ini terjadi pasca putusan MA yang menyatakan pasal 4 ayat 3 PKPU No 20 Tahun 2018, tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD kab/kota, bertentangan dengan Undang-undang.

Sehingga mantan narapidana kasus korupsi kembali mencalonkan diri sebagai wakil rakyat dalam pemilu 2019.

Dalam aksinya, Anggota aksi menyerukan agar KPU segera menyiarkan rekam jejak setiap calon tetap kepada masyarakat,

“kami keluarga mahasiswa ITS, mewakili mahasiswa Indonesia dan seluruh rakyat Indonesia, dengan ini membacakan butir butir penyikapan, yang pertama Mendesak komisi pemilihan umum untuk menyiarkan rekam jejak setiap calon tetap DPD, DPR, DPR provinsi, dan DPRD kabupaten/kota kepada masyarakat, yang kedua, Mendesak komisi pemilihan umum merumuskan mekanisme  pelaporan rekam jejak setiap calon pada saat melakukan kampanye, dan yang ketiga, menghimbau masyarakat untuk mempelajari rekam jejak calon legislatif sebelum memilih”. Ucap Haikal Akbar Presiden BEM ITS.

Aksi Mahasiswa ini, dilaksanakan atas keinginan dan hati nurani, agar masyarakat tidak memilih kembali narapidana kasus korupsi dalam pemilu 2019.

“Kita berdiri disini bukan karena Intitusi kita berdiri disini bukan karena mahasiswa, tapi kita disini karena hati nurani, karena kepedulian kita terhadap rakyat Indonesia, ucap haikal.

Aksi ini disambut baik oleh KPU Jawa Timur, hal ini dibuktikan dengan hadirnya pewakilan KPU Jawa Timur ditengah tengah aksi yang sedang berlangsung, Antara lain, Ketua KPU Prov. Jatim Eko Sasmito, Dewita Hayu Shinta, Muhammad Arbayanto, dan Rochani,

“ kami sangat merespon positif aksi bela KPU yang rekan rekan mahasiswa adakan pada hari ini, rencana awal kami akan menyambut rekan mahasiswa didalam duduk diruang ac, tapi akan lebih baik kami ikut hadir bersama mahasiswa merasakan panas terik matahari bersama”, ucap Ketua KPU Jatim Eko Sasmito saat menemui masa aksi di depan Kantor KPU Jatim.

KPU Jatim mengucapkan terimaksih kepada peserta aksi, karena telah hadir dan ikut memebela kepentingan rakyat.

“Saya berterimakasih rekan rekan mahasiswa hadir disini untuk membela kepentingan  rakyat, kami membuka ruang diskusi kepada seluruh rekan-rekan dan merumuskan apa hal hal yang perlu kami sampaikan pada KPU RI”. Ucap beliau

Aksi ini diakhiri dengan penandatangan nota kesepakan yang diwakili oleh kedua pihak, yang pertama yaitu perwakilan KPU dan kedua perwakilan Bem ITS, Haikal Akbar.

 

 

TINGGALKAN BALASAN