Menpan Kunjungi Mapolda Kalimantan Selatan

Banjarmasin,semarak.news- “Kami berkunjung untuk melihat secara langsung hasil dari evaluasi terhadap kinerja, pelayanan publik, kemudian inovasi-inovasi yang dilakukan Polda Kalsel. Evaluasi tersebut dilakukan selama enam bulan terhadap empat Polda yaitu Polda Kalsel, Polda Kalteng, Polda NTB dan Polda Jambi” Ucap Asman Abnur (Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) saat ditemui di Aula Bhayangkari Mapolda Kalimantan Selatan, Senin, 23 April 2018 setelah acara pengarahan khusus kepada Polda Kalimantan Selatan terkait peningkatan Tipologi Polda Kalimantan Selatan dari Tipe B menjadi Tipe A.

“Kami melihat ada beberapa inovasi yang sudah dilakukan Polda Kalsel seperti di pelayanan pembuatan SIM, simulator, sistem tes, Polair, aplikasi-aplikasi pelayanan masyarakat seperti panic button”. Sambungnya. Inovasi-inovasi yang sudah dilakukan Polda Kalimantan Selatan akan berdampak pada putusan Kemenpan dalam meningkatkan Tipologi Polda Kalimantan yang semula B menjadi A. Namun demikian penilaian Kemenpan tidak hanya membuat meningkatnya Tipllogi, tetapi juga bahkan dapat mengalami penurunan apabila Polda yang dinilai tidak memenuhi kriteria yang menjadi persyaratan untuk meningkatkan tipologi tersebut.

Pada kesempatan yang sama Rahmat M selaku Kapolda Kalimantan Selatan mengatakan, “kita berharap usulan peningkatan Tipologi B ke Tipologi A dapat segera terwujud. Sudah banyak upaya-upaya yang kita lakukan dan semoga menjadi kriteria dari Menpan, inovasi sudah kita lakukan mudah-mudahan masuk dalam penilaian. Kita harus optimis.”

Bambang Sunarwibowo yang sekarang menjabat sebagai Asrena Polri menambahkan bahwa pihaknya berusaha mendorong, mensupport, dan memberikan asistensi kepada Polda Kalimantan Selatan untuk bisa meningkatkan kinerjanya sehingga masuk dalam kriteria yang dipersyaratkan oleh Kemenpan. Selama ini dari Bapak Menpan dan seluruh deputi dan stafnya selalu mendukung bagaimana kinerja ini terus meningkat, jadi tujuannya bukan untuk meningkatkan pangkat dari bintang satu menjadi bintang dua tapi bagaimana meningkatkan kinerja dan meningkatkan layanan yang menjadi harapan dari masyarakat.

Dengan adanya usulan peningkatan tipologi Polda Kalimantan Selatan dari tipe B menjadi tipe A diharapkan dapat meningkatkan pelayanan Polda Kalimantan Selatan menjadi lebih profesional dan lebih mengedepankan masyarakat. Sehingga masyarakat dapat merasakan dampak secara langsung dari perubahan tipe di Polda Kalimantan Selatan. [BMN]

TINGGALKAN BALASAN