Menengok Kemegahan Patung GWK

pembangunan GWK setelah 28 tahun (sumber: liputan6.com)

Badung, Semarak.news- Pulau Dewata tidak selalu menawarkan keindahan alam bagi pengunjungnya. Sekarang, terdapat patung Garuda Wisnu Kencana atau yang lebih dikenal dengan GWK menjadi salah satu icon di Uluwatu, Bali.

Patung karya Nyoman Nuarta ini terletak di kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park , Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kabupaten Badung, Bali. Dari bandara Internasional Ngurah Rai dapa ditempuh dengan berkedara darat selama kurang lebih 30 menit tergantung situasi dan kondisi di jalan raya.

Untuk melihat patung GWK, pengunjung hanya mengeluarkan biaya sebesar 80 ribu rupiah untuk wisatawan domestik dan 125 ribu rupiah untuk wisatawan mananegara. Biaya tersebut sudah termasuk untuk masuk ke dalam bangunan-bangunan yang ada di dalam GWK Cultural Park seluas 60 hektar dan disuguhi dengan toko-toko souvenir yang menggoda saat menuju ke Wisnu Plaza.

Sesampainya di Wisnu Plaza pengunjung akan diberikan selendang kuning yang wajib dikenakan di area tersebut. Di plaza itulah berdiri patung wisnu setinggi 20 meter yang merupakan cikal bakal dari patung GWK yang sesungguhnya berdiri.

Setelah dari area wisnu plaza, wisatawan dapat berjalan ke arah kanan untuk melihat patung GWK setinggi 121 meter yang menjadi penantian bagi warga Bali yang menjadikan patung tertinggi kedua di dunia.

Banyak spot digunakan untuk berfoto bagi wisatawan yang ingin mengabadikan momen di GWK Cultular Park dengan latar patung GWK yang sesungguhnya, seperti di area Lotus Pond dan Tirtha agung.

“Ini pertama kali saya melihat patung GWK, patung tersebut dapat dilihat dimana-mana diluar area GWK Cultural Park, sebelumnya saya dari Padang Padang Beach melihat patung tersebut dan tertarik untuk mengunjunginya” ujar Steven salah satu wisatawan dari mancanegara.

Selain melihat patung GWK, wisatawan dapat menyaksikan pertunjukan berbagai macam tarian khas Bali, seperti tari Barong Keris, tari Kecak, tari Garuda Wisnu Ballet dan lain sebagainya tergantung dari jadwal pertunjukan masing-masing.

Patung GWK akan diresmikan oleh presiden Joko Widodo pada tanggal 22 September 2018, sekitar 3 minggu sebelum pembukaan acara  International Monetary Fund (IMF) yang akan diselenggarakan di Bali dan merupakan salah satu tempat acara IMF tersebut. (MA)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN