Menengok Kegigihan Forum Solidaritas Mahasiswa Papua Tolak Rasisme

Aksi Unjuk Rasa Forum Solidaritas Mahasiswa Peduli Rakyat Papua (FSMRP)

Setelah rangkaian aksi unjuk rasa May Day dan Hardiknas yang menyedot perhatian massa, momentum 3 Mei justru dimanfaatkan Forum Solidaritas Mahasiswa Peduli Rakyat Papua (FSMRP) untuk menyuarakan kegetirannya terhadap perlakuan rasialisme yang menimpa ras Melanesia West Papua.

Kegetiran tersebut muncul atas beredarnya Gambar Meme Drs. Natalius Pigai yang disandingkan dengan Gambar Gorilla di Media Sosial Facebook. Atas kejadian tersebut, puluhan Mahasiswa Papua yang tergabung dalam FSMRP melakukan unjuk rasa di Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Jl. Jend. Sudirman Makassar.

Aksi diawali dengan longmarch dari Asrama Mahasiswa Papua Cenderawasih IV, Jl. Lanto Dg. Pasewang Makassar menuju Monumen Mandala Pembebasan Irian Barat Jl. Jend. Sudirman Makassar dengan membawa spanduk bertuliskan “Aksi Solidaritas Tolak Rasialisme NKRI”

Tidak hanya itu, dalam perjalanannya para peserta aksi membagikan selebaran berisi seruan aksi Solidaritas Lawan Rasialisme terhadap bangsa West Papua dengan mengusung hastag #Save Papua, #Save Melanesia, #Save West Papua, #Save Natalius Pigai

Hilux Halua selaku pemimpin unjuk rasa tersebut dengan lantang meneriakkan tuntutan berikut:

  1. Menuntut Kelompok Presiden Jokowi atas tindakan terhadap Rasisme Bangsa Melanesia West Papua.
  2. Menuntut atas Ras Melayu telah melakukan Rasialisme terhadap bangsa Melanesia West Papua.
  3. Menuntut PBB segera intervensi Presiden Jokowi terhadap Rasisme Bangsa Melanesia West Papua.
  4. Menuntut mengadili terhadap Pelaku penyebar luas Rasisme Bangsa Melanesia West Papua.
  5. Bangsa Melanesia West Papua Korban atas Rasialisme oleh Ras Melayu.

TINGGALKAN BALASAN