Massa FSP RTMM-SPSI kepung Kantor Gubernur Jatim Tolak Kenaikan Cukai

massa aksi buruh berorasi didepan kantor Gubernur Jawa Timur, Sumber: Pribadi

Surabaya, Semarak.News- Ribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Rokok Tembakau Makanan dan Minuman Serikat Pekerja Seluruh Indonesia(FSP RTMM-SPSI) melakukan aksi unjuk rasa didepan Gedung Gubernur Jawa Timur Jl. Pahlawan 110 , Kota Surabaya (1/11).

Buruh yang tergabung dalam FSP RTMM-SPSI Surabaya ini menuntut pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menolak kenaikan Cukai Rokok. Kenaikan Cukai rokok ini dianggap dapat memberikan dampak negatif pada para pekerja buruh rokok dibeberapa daerah, salah satunya ancaman terjadinya PHK oleh perusahaan.

Massa aksi meneriakkan berbagai macam keluhan mereka, salah satunya Pajak yang dihasilkan dari rokok adalah salah satu pendapatan terbesar negara, dirasakan berbagai sektor pembangunan. Tapi mereka malah tidak merasakan hal serupa dan cenderung disudutkan.

Disalah satu spanduk yang dibawa massa aksi, berisikan tuntutan antara lain:

  1. Tolak kenaikan cukai rokok.
  2. Batalkan keputusan tentang kenaikan cukai tahun 2018.
  3. Lindungi rokok kretek Indonesia.
  4. Lindungi pekerja rokok sigaret kretek tangan.
Perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menemui massa aksi buruh FSP RTMM-SPSI, Sumber: Pribadi

Setelah melakukan audiensi kurang lebih 20 perwakilan aksi bersama Sekertaris Provinsi Jawa Timur. Heru Tjahjono (Sekretaris Provinsi Jawa Timur) langsung menyampaikan hasil dari audiensi.

“Semua tuntutan yang disampaikan rekan-rekan akan segera disampaikan kepada Gubernur untuk ditindak lanjuti secepatnya.” Ujarnya menutup aksi yang dilakukan oleh Buruh FSP-RTMM tersebut.

 

TINGGALKAN BALASAN