Malware Joao Bidik Gamers Indonesia

sumber: youtube

Jakarta, Semarak.news – Penelitian perusahaan software keamanan ESET mengungkapkan Indonesia menjadi salah satu target distribusi malware Joao melalui game komputer yang berasal dari situs-situs tidak resmi.

Malware Joao memanfaatkan MMORPG  (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game) kemudian merubah  dan mengunggah game tersebut di situs-situs tidak resmi. MMORPG merupakan game dimana pemain client terhubung ke server game dalam memainkan gamenya. Sehingga, ketika pemain memasang game dalam komputer mereka, Joao akan ikut terpasang bersamanya dan gamer tidak akan mengetahui hal itu.

Technical Consultant PT. Prosperita selaku ESET Indonesia, Yudhi Kukuh mengungkapkan malware Joao ternyata memiliki kemampuan berbahaya lain seperti backdoor, spionase dan DdoS.

“Penyebab utama penyebaran Joao yang meluas tidak hanya disebabkan banyaknya jumlah pemain yang menggunakan game bajakan dan mengunduh file dari sembarang tempat, tetapi juga akibat kurangnya kesadaran pengguna tentang pentingnya keamanan siber,” ungkap Kukuh (28/8).

Kukuh juga menambahkan, adanya salah kaprah bahwa antivirus akan memperlambat akses game dan antivirus lebih baik dimatikan menjadi faktor pendukung penyebaran malware tersebut. (COB)

TINGGALKAN BALASAN