Mahasiswa Unismuh Makassar Gelar Aksi Unras Sebagai Refleksi Hari Kartini

Aksi Mahasiswa Adiministrasi Negara Unismuh sebagai refleksi hari Kartini

Makassar, semarak.news – Mahasiswa Administrasi Negara Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar memperingati hari kartini yang jatuh pada 21 April dengan sudut pandang yang berbeda.

Jika hari kartini biasanya diperingati dengan memakai kebaya dan konde serta berbagai lomba, lain halnya yang dilakukan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Negara Unismuh Makassar. Puluhan mahasiswa memperingati hari Kartini sebagai bentuk refleksi keadaan perempuan Indonesia saat ini dengan turun kejalan pada Senin (23/04/2018) lalu.

Aksi ini dilakukan karena melihat kondisi perempuan Indonesia saat ini yang masih mengalami penindasan dan kekerasan. Selain itu, aksi yang dilakukan dengan longmarch dari depan kampus Unismuh sampai pertigaan Jl. Sultan Alauddin – Jl. A. P. Pettarani ini juga menuntut agar pemerintah memberikan perhatian dan pembinaan serius kepada para Pekerja Seks Komersial (PSK) di Kota Makassar.

Tidak hanya itu, tuntutan peserta aksi juga agar pihak pemerintah dan perusahaan memperhatikan kembali cara berpakaian dari Sales Promotion Gril (SPG) di berbagai pusat perbelanjaan yang dinilai menjadikan perempuan sebagai alat perusahaan.

Menurut Imam Anugerah selaku Jendlap aksi saat membacakan surat pernyataan sikap, adanya fakta-fakta penindasana kepada perempuan menjadikan semangat bagi pemuda, masyarakat, mahasiswa dan kartini muda untuk terus melakukan perjuangan hak perempuan seperti ibu-ibu saat dahulu.

Aksi ini juga mendapat pengawalan ketat dari pihak aparat kepolisian kota Makassar. Dew.

TINGGALKAN BALASAN