Ini Dia Destinasi Wisata di Sumba Barat Daya Yang Wajib Kamu Kunjungi

0
16

Sumba Barat Daya, Semarak.News – Sumba Barat Daya dengan ibu kota Tambolaka merupakan salah satu Kabupaten di Pulau Sumba, letaknya tepat disebelah utara Pulau Sumba dan sebelah selatan Pulau Komodo atau Labuhan Bajo yang dibatasi oleh Laut Sawu. JIka ingin ke sini, terdapat dua opsi penerbangan dari Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta. Antara lain yaitu Jakarta-Denpasar-Tambolaka dan Jakarta-Kupang-Tambolaka.

Kabupaten ini memang terkenal dengan keindahan alamnya dan kekentalan adat dan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakatnya yang sangat ramah. Contohnya saja, dalam beraktivitas sehari-hari masyarakat aslinya pasti ada Parang yang terpasang dipinggang, ini salah satu budaya yang masih melekat hingga saat ini. Namun, jangan khawatir karena orang sumba luar biasa ramah dan menerima kedatangan orang-orang dari luar pulaunya, sehingga Parang tersebut tidak untuk digunakan hal yang membahayakan masyarakat pendatang.

Biasanya, Kabupaten ini juga menggelar atraksi adat pasola yaitu perang persahabatan yang dilakukan dari atas kuda. Biasanya, pesta adat Pasola dilaksanakan di bulan Februari hingga Maret. Jika anda tidak bisa hadir dalam bulan-bulan itu, masih banyak sekali wisata keindahan alam yang bisa dijelajahi saat di Sumba Barat Daya. Mulai dari kampung adat, pantai, perbukitan indah sampai dengan menikmati merahnya langit Sumba saat senja telah tiba. Berikut ini beberapa destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Sumba Barat Daya.

  1. Danau Wekuri

Waikuri, salah satu tempat yang mesti didatangi ketika datang ke Sumba Barat Daya. Waktu tempuhnya sekitar 1 jam dari pusat kota Tambolaka. Waikuri merupakan pantai dengan batu-batu karang besar dan tajam.

Batu-batu itu menghalangi gulungan ombak sehingga terdapat air yang terjebak dan membentuk danau. Danau air asin (laguna) yang ada di baliknya aman dijadikan tempat bermain air dan berenang. Ada tempat bilas setelah berenang, meski belum memadai. Penduduk setempat menyediakan air tawar di ember.

sumber : instagram @janeanthrani

Pemerintah daerah setempat memfasilitasi jembatan kayu panjang agar wisatawan bisa melakukan penjelajahan dengan aman, tanpa takut tergores tajamnya batu karang. Jangan lupa, jika ada waktu menyaksikan merahnya matahari tenggelam di Waikuri.

  1. Pantai Mandorak

Ini salah satu pantai yang jadi surga tersembunyi di Sumba Barat Daya, jaraknya hanya 5 menit danau Wekuri. Airnya biru, pasirnya putih, dan ada dua tanjung menjorok yang membentuk komposisi indah. Di pantai yang terletak di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi itu, wisatawan bisa bermain air, atau sekadar menikmati pemandangan dan aktivitas nelayan yang sedang memancing.

Sumber : Instagram @janeanthrani
  1. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro terletak di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, atau sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Tambolaka. Ini salah satu kampung adat yang paling banyak didatangi wisatawan. Lokasinya cantik berdekatan dengan Pantai Ratenggaro dan menyediakan Kuda yang siap untuk ditunggangi. Masyarakatnya juga sudah terbiasa menerima kedatangan wisatawan. Mereka menggelar berbagai suvenir mulai dari kain tenun hingga tas.

Sumber : Instagram @jennyhejenny
  1. Pantai Mbawana

Pantai Mbawana letaknya sangat tersembunyi dan membutuhkan perjuangan untuk mencapai kelembutan surga pasir putih ini. Meski harus jalan dengan medan lumayan curam, namun pemandangan yang didapat menghilangkan lelah. Batu berlubang besar seperti cincin seakan-akan terowongan yang menjadi pintu ke tempat ini.

Sumber : Instagram @sherenshus
  1. Waikelo Sawah

Waikelo Sawah merupakan bendungan yang juga menjadi salah satu spot indah dan dimanfaatkan untuk pengairan persawahan. Bendungan ini berlokasi di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur. Waikelo Sawah juga memiliki panorama sekitar yang asri dan hijau. Memang, Desa Tema Tana ini termasuk daerah berhawa dingin dengan segala pepohonan dan sumber air di dalamnya.

Sumber : Instagraam @hsbn_marco
  1. Pantai Mananga Aba

Pantai Mananga Aba, berada di Desa Ramadana, Kecamatan Loura, jaraknya hanya sekitar 10 km arah timur dari Tambolaka yang hanya 15 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan roda dua. Pantai ini memiliki pasir pantai yang sangat putih terbentang luas di sepanjang pinggir pantai. Jika ingin menikmati keindahan pantai sambil menikmati kopi dan teh serta makanan yang enak, anda juga bisa masuk ke Kafe Hotel Mario, yang berjarak sangat dekat dari Pantai Mananga Aba.

Sumber : Instagram @triptrust

LEAVE A REPLY