Pemkot Sorong Gelar Pelatihan Produksi Keripik Keladi

Pemkot Sorong Gelar Pelatihan Produksi Keripik Keladi

0
19

Sorong, Semarak.News – Seratus mama-mama memadati Kantor Dinas Perindustrian Kota Sorog, Selasa (7/1). Para mama ini, mengikuti kegiatan pengembangan dan pengolahan keripik kelafi, bagi kelompok sentra industri kecil, yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Sorong, melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Wali Kota Sorong, Drs. Ec. Lambert Jitmau, MM, dalam sambutannya ketika membuka acara mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mama-mama dan lebi khusus lagi bagi mama Papua.

“Pahami dengan baik pelatihan ini, agar bisa menjadi keahlian dan sumber pendapatan, serta menjadi bagian dari mensejahterakan keluarga. Saya sudah bicarakan dengan kepala bandara untuk membuka ruang pasar dan menjadikan ini sebagai buah tangan kas Kota Sorong. Ikuti baik dan serius dalam kegiatan ini,”jelas wali kota.

Setelah pelatihan ini selesai dan semua kelompok sudah berproses, serta menjadi pedagang keripik keladi, wali kota berharap agar ada pendirian koperasi khusus para pedagang keripik keladi, sehingga ada manfaat dan kelompok-kelompok ini tetap berjalan dan terus maju.

Kepada kepada Kepala Dinas Perindustrian, wali kota berpesan agar terus memberikan pendampingan dan perhatian bagi para peserta selepas pelatihan ini, agar mereka tidak patah arah dan buntuh dalam mengembangkan keahlian.

“Ibarat nelayan, sudah diberikan pelatihan memancing harus pula diberi kailnya agar mereka dapat mencari ikan di laut. Setelah selesai pelatihan, laporkan kepada saya hasilnya,”tuntas wali kota.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kota Sorong, Petronela Kambuaya, S.Pd, M.Pd, ketika diwawancarai usai pembukaan menjelaskan, kegiatan ini digelar karena selama ini bantuan dari pemerintah belum tersalur baik. Sehingga kata dia, mereka bersama Dinas Perindustrian mengambil langkah melakukan pelatihan seperti ini.

“Ada anggaran dari pemerintah, daripada mubazir dan tidak digunakan, atau digunakan tepat sasaran, makanya kami berinisiatif menghadirkan kegiatan bermanfaat ini. Kami juga tidak serta merta memberikan pelatihan, namun kami akan mencarikan pasar, serta pendampingan bagi sepuluh kelompok yang hadir,”jelas Petronela.

Menurut Petronela, apabila kepala dinas sebelumnya tidak pernah menyelenggarakan kegiatan seperti ini, sehingga ini menjadi tonggak awal pelatihan pembuatan keripik keladi bagi mama-mama. Untuk para peserta, Petronela berpesan agar serius dan menekuninya dengan baik agar bermanfaat.

Sumber: https://papuabaratpos.com/seratus-mama-ikut-pelatihan-produksi-keripik-keladi/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY