Sorong, Semarak.News – Untuk melakukan evaluasi kinerja Puskesmas dan Dinas Kesehatan tahun 2019 serta penyusunan program kerja tahun 2020, Dinas Kesehatan Kota Sorong menggelar Rapat Kerja Dinas Kesehatan Kota Sorong (Rakerkesda) yang dihadiri oleh 150 peserta.

Kegiatan Rakerkesda ini dilakukan untuk melihat program yang telah terlaksana dalam waktu 5 tahun lalu tersebut akan dievaluasi di tahun 2020, sekaligus melihat permasalahan kesehatan di daerah Kota Sorong dan akan disikronkan dengan program nasional dari Kementerian.

Kegiatan Rakerkesda Kota Sorong dibuka oleh Asisten III Setda, Bidang Kesejahteraan Rakyat Kota Sorong, Ruddy R. Laku, S.Pi., M.M., yang juga menyampaikan sambutan Wali Kota Sorong, Drs. Ec Lambert Jitmau, M.M., mengatakan, begitu banyak program yang direncanakan Pemerintah Pusat maupun daerah dan setiap program yang dicanangkan pemerintah ini harus  dirasakan hingga ke tingkat kabupaten maupun kota.

“Program yang ada harus dipahami oleh semua pekerja di bidang kesehatan. Karena sangat ironis sekali kalau program tidak dipahami oleh setiap pekerja kesehatan hingga ke tingkat daerah,” terangnya, Jumat (17/1).

Dirinya berharap para peserta dapat menyumbangkan pikiran, ide, gagasan maupun inovasi dalam melaksanakan setiap program di bidang kesehatan, diaplikasikan hingga tingkat lapangan. Jangan program hanya dibicarakan sepanjang hari atau program sebagai wacana yang enak di dengar tapi inplementasi di lapangan tidak ada.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong, Herman Kalasuat, S.ST., mengatakan, kegiatan Rakerkesda untuk mengevaluasi program dari rencana strategi Dinas Kesehatan Kota Sorong dalam kurun waktu 5 tahun mulai dari tahun 2018 hingga tahun 2022.

“Jadi kegiatan hari ini mengevaluasi bidang kesehatan, evaluasi kegiatan kesehatan dalam kurun waktu 5 tahun, yakni bagaimanan isu strategis dibangun maka permasalahan segera kami selesaikan dengan bekerja sama mendukung visi misi Pemerintah Daerah,”tuturnya.

Ia menjelaskan, tahun 2020 ini, program yang akan dibahas dan masih menjadi prioritas Dinas Kesehatan Kota Sorong yakni imunisasi, peningkatan gizi, stunting, program penanggulangan penyakit tidak menular dan masih banyak lagi. Karena isu strategis terkait penyakit menular dan tidak menular itu menjadi sangat menarik untuk diperhatikan dan diprioritaskan.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/01/18/program-kesehatan-harus-sampai-ke-masyarakat/

LEAVE A REPLY