Teminabuan, Semarak.News – Pemerintah Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), membentuk Tim Satgas Percepatan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19). Tim ini resmi dibentuk, Kamis (19/3/2020) kemarin, dalam rapat koordinasi (rakor) Pimpinan OPD, Pimpinan BUMN/BUMD, TNI-Polri, instansi pemerintah vertikal, para tokoh dan stakeholder lainnya.

Rakor ini dipimpin langsung oleh Bupati Sorsel Samsudin Anggiluli, SE,M.A.P, bertempat di ruang rapat Kantor Bupati Sorsel. Samsudin dalam arahannya menyampaikan, Indonesia termasuk salah satu negara di dunia yang terjangkit Covid-19. Maka itu Presiden RI Joko Widodo beberapa waktu lalu, telah menetapkan Covid-19 sebagai bencana nasional non alam.

Oleh sebab itu hal ini menjadi perhatian bersama, mulai dari pemerintah pusat, provinsi sampai ke daerah. Terutama terkait tindakan dan langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19, diinstruksikan agar masing-masing daerah perlu membentuk Tim Satgas. Termasuk Kabupaten Sorsel yang walau sampai saat ini belum terdeteksi ada yang terdampak Covid-19, tetapi harus tetap diambil langkah antisipatif dengan membentuk Tim Satgas.

Tugas dari tim ini, lanjutnya, melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran virus tersebut, serta mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan apabila ditemukan adanya kasus terdapak Covid-19 di wilayah Kabupaten Sorsel.

“Tugas dari satgas ini adalah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, melakukan pemantauan, melakukan pemeriksaan dan sebagainya. Mudah-mudahan kita di Sorong Selatan tetap tidak ada. Tetapi apabila ada masyarakat yang terindikasi Covid-19, segera lakukan penanganan cepat dan rujukan ke rumah sakit Sorong yang telah ditunjuk,” ungkapnya.

Susunan kepengurusan Tim Satgas Percepatan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19) adalah, Ketua Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Vincente Mbaay, S.IP, Wakil Ketua Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik James I. Tipawael, S.IP,M.Si, Sekretaris Kepala Dinas Kesehatan dr. Yusuf Sipayung, Wakil Sekretaris Direktur RSUD Scholoo Keyen dr. Felix Duwit, M.Sc,MPH,Sp.PD, serta sejumlah koordinator bidang yang melibatkan berbagai stakeholder.

Sumber: https://papuabaratpos.com/pemda-sorsel-bentuk-satgas-pencegahan-dan-penyebaran-covid-19/

LEAVE A REPLY