Serui, Semarak.News – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Yapen melalui Komunitas Mari Berbagi memberikan ratusan bantuan bahan pokok (bapok) kepada masyarakat yang terdampak penanganan pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) atau Corona.

Kebijakan ini diambil pemerintah, guna memenuhi kebutuhan bapok warga di tengah pelemahan ekonomi akibat dampak Corona. Pada pembagian bapok yang dilaksanakan di depan Kantor Bupati Kepulauan Yapen itu, terlihat hadir para muspida dan staf Bupati Kepulauan Yapen, Sabtu, 8 April 2020.

Wakil Bupati Frans Sanadi menjelaskan, pembagian bapok itu bentuk kepedulian nyata yang dilakukan pemerintah dengan didukung berbagai pihak yang memiliki kepedulian.“400 lebih kantong bapok ini prioritas kami berikam kepada bapak-bapak dan mama-mama Papua yang berjualan di Pasar Aroro Iroro, Serui,” jelasnya.

Selain membagikan ratusan kantong bapok, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kepulauan Yapen juga memberikan sosialisasi terkait pemahaman kepada seluruh penerima bantuan cara pencegahan pandemi Corona.

“Persoalan penanganan Corona ini bukan jadi urusan pemerintah saja, ini tanggungjawab kita semua. Dengan sosialisasi yang tepat, masyarakat kemudian paham. Saya kira pemutusan mata rantai penyebaran bisa dilakukan. Diharapkan masyarakat mau mengikuti imbauan pemerintah,” ungkap Frans kepada awak media.

Menurut Frans, bantuan akan terus dilakukan hingga status siaga darurat di Kabupaten Kepulauan Yapen ditiadakan. “Saat ini kita status siaga darurat, meski tak ada pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19, tapi dampaknya sangat besar. Ya, pemerintah akan semaksimal mungkin bantu masyarakat dan masyarakat kami minta patuhi imbauan pemerintah,” jelasnya.

Sumber: https://kabarpapua.co/pemkab-kepulauan-yapen-bantu-bapok-warga-terdampak-corona/

LEAVE A REPLY