Jakarta, Semarak.News – Pemerintah pusat menyebarkan alat pelindung diri (APD) hingga Papua dan Papua Barat akibat penyebaran wabah virus korona (covid-19). Kedua wilayah itu menerima 2.000 paketAPD yang didistribusikan TNI.

Staf Operasi TNI Kolonel Infanteri Aditya Ningra Pasha mengatakan pendistribusian APD menggunakan dua skema. TNI terjun langsung mendistribusikan ke daerah, terutama wilayah yang sulit terjangkau.

“Untuk skema pertama, TNI telah membantu untuk mendukung atau melaksanakan distribusi ke wilayah di Provinsi Papua dan Papua Barat. Ini dilakukan agar APD cepat tersalurkan,” kata Aditya dalam telekonferensi di Graha BNPB, Matraman, Jakarta Timur, Jumat, 27 Maret 2020.

Skema kedua, pemerintah provinsi datang langsung ke gudang gugus tugas percepatan penanganan covid-19 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Gugus tugas akan menyediakan alat angkut menuju masing-masing provinsi.

APD yang sudah didistribusikan sebanyak 151 ribu paket. Sedangkan stok nasional tersisa sekitar 19 ribu APD. DKI Jakarta yang mendapat jatah paling banyak, yakni 40 ribu APD.

DKI menjadi salah satu prioritas karena memiliki pasien terbanyak di Indonesia, yakni 515 pasien dari total 893 kasus secara nasional. Provinsi prioritas lainnya ialah Jawa Barat dan dengan 15 ribu APD dan Jawa Tengah dengan 10 ribu APD.

APD Didistribusikan Hingga Papua
Pemerintah DKI Jakarta menerima alat pelindung diri dari pemerintah pusat. Medcom.id

Di tahap sebelumnya, pemerintah telah mendistribusikan 105 ribu paket APD ke seluruh rumah sakit yang melayani pasien korona. Rinciannya, 45 ribu unit APD didistribusikan ke RS di DKI Jakarta, Bogor, dan Banten.

Lalu, sebanyak 40 ribu unit APD diberikan ke RS yang berada di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali. Kemudian, 10 ribu didistribusikan ke seluruh provinsi yang di luar Jawa. Adapun 10 ribu APD lainnya disimpan sebagai cadangan.

Sumber: https://www.medcom.id/nasional/politik/GNG4MYlb-apd-didistribusikan-hingga-papua

LEAVE A REPLY