Kodam XVIII/Kasuari Gelar Pengobatan Massal di Pedalaman Manokwari Selatan

Kodam XVIII/Kasuari Gelar Pengobatan Massal di Pedalaman Manokwari Selatan

0
9

Sorong, Semarak.News – Bakti Sosial (Baksos) dan Karya Bakti (Karbak) merupakan suatu bentuk kegiatan dalam salah satu metode Pembinaan Teritorial (Binter) TNI, yaitu Bakti TNI. Kegiatan Bakti TNI yang dilakukan oleh aparat Komando Kewilayahan (Kowil) ini adalah bertujuan untuk membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Salah satu wujud nyata yang dilakukan TNI, dalam hal ini Kodam XVIII/Kasuari saat memperingati Hari Juang TNI AD Ke-74 sekaligus hari jadinya yang ke-3 tahun adalah penyelenggaraan Baksos dan Karbak, yang berlangsung Selasa (17/12/2019) di SD Inpres 74 Siwi, Kampung Siwi, Distrik Momi Waren, Kabupaten Manokwari Selatan (Mansel), Provinsi Papua Barat.

Diungkapkan Kapendam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Andi Gus Wulandri, S.I.P. dalam rilisnya kepada Pers berdasarkan arahan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau, bahwa gelaran Baksos dan Karbak sekaligus merupakan wahana untuk menggugah dan memupuk komitmen persatuan dan kesatuan anak bangsa, melalui hidup saling tolong menolong (gotong royong), yang didasari pada rasa kesetiakawanan, kekeluargaan, dan toleransi yang tinggi, di atas perbedaan yang ada.

“Melalui Baksos dan Karbak, diharapkan dapat terwujud kondisi lingkungan yang memiliki ketahanan wilayah di bidang ekonomi, sosial budaya, dan keamanan, serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Disamping itu akan mampu mewujudkan kemanunggalan TNI-Rakyat, sehingga dapat menumbuhsuburkan kembali budaya jiwa sosial yang selama ini sudah mulai memudar akibat pengaruh globalisasi budaya asing yang tidak bisa dibendung,” kata Andi Gus.

Baksos dan Karbak yang digelar 1 hari itu, menargetkan dua sasaran baik fisik maupun non fisik yakni sasaran fisik berupa pembersihan lingkungan di sekitar SD Inpres 74 Siwi dan pembersihan pasar serta sasaran non fisik berupa penyuluhan kesehatan, pengobatan massal/gratis dan pembagian Sembako serta kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak.

“Kegiatan tersebut melibatkan unsur dari Kodam XVIII/Kasuari, Pemda Kab.Manokwari Selatan dan berbagai elemen masyarakat dari Distrik Momi Waren Kab. Manokwari Selatan,” tutupnya.

Baksos dan Karbak 2019 ini ditanggapi antusias dan benar-benar diapresiasi oleh masyarakat sekitar, yang dibuktikan dengan membludaknya masyarakat yang ikut dalam kegiatan tersebut, yakni sekitar 500 orang warga dari anak-anak hingga orang tua.

Sumber: https://www.cakra101.com/2019/12/18/masyarakat-momi-waren-rasakan-pengobatan-gratis-di-peringatan-hari-juang-tni-ad-dan-hut-kodam/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY