Teminabuan, Semarak.News – 97 persen dari total penduduk Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) atau sekitar  63 ribu lebih jiwa, sudah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Sorsel Yan Robert Warer, SE kepada media ini, beberapa hari lalu mengungkapkan, presentase itu sesuai data penduduk yang tercover di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil pada periode pertama 2019 lalu.

Untuk itu, diharapkan bagi masyarakat yang belum mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, segera mendaftarkan diri, agar bisa mendapat fasilitas layanan kesehatan ketika sakit.

Ia juga mengimbau masyarakat yang kurang mampu untuk menjadi peserta mandiri, supaya segera melapor ke pemerintah daerah melalui instansi teknis, agar dapat didaftarkan dalam Program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Kita bandingkan dengan data penduduk yang terekam di sistem Capil pada semester satu 2019, mencapai 97 persen masyarakat Sorong Selatan sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS. Kita berharap masyarakat yang kurang mampu bisa mendaftar melalui pemerintah daerah dengan Program Jamkesda,” ungkapnya.

Yan Robert menambahkan, pihaknya bersama staf saat ini memfokuskan pelayanan bagi peserta mandiri BPJS Kesehatan yang ingin turun kelas. Mengingat terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020 lalu, ada kebijakan pemerintah pusat menaikan tarif iuran BPJS Kesehatan. Jadi bagi peserta mandiri yang sebelumnya memilih kelas I atau kelas II merasa terlalu memberatkan, bisa mengajukan untuk memilih turun kelas.

Sumber: https://papuabaratpos.com/97-persen-warga-sorsel-sudah-mendapat-jaminan-kesehatan/

LEAVE A REPLY