Sorong, Semarak.News – Sebanyak 11 orang anak muda Kota Sorong yang tergabung di dalam Komunitas Pergerakan Milenial Kota Sorong (PMKS) melakukan aksi pembersihan sampah di drainase yang berlokasi di jalan Danau Tigi Kelurahan Rufei, Jumat (31/1).

Dari aksi yang dilakukan, tidak sendirian, dalam kegaitan ikut serta Lurah Rufei, Koramil Sorong Barat dan warga sekitar.

“Ini sudah kedua kalinya kami melakukan pembersihan sampah di lokasi yang sama.Dibandingkan pembersihan pertama, pembersihan kedua ini sampah terlihat berkurang,”jelas Ketua KPMKS, Angki Dimara kepada Radar Sorong.

Hal ini menunjukan kesadaran warga terkait kebersihan mulai meningkat, namun sampah-sampah tersebut bukan hanya berasal dari warga Kelurahan Rufei, tetapi juga dari kelurahan lainnya, sehingga kedepannya dirinya bersama warga akan memasang tempat sampah dan jaring pembatas.

“Karena banyak sampah yang hanyut dari tempat lain ke sini. Namun, karena antusias masyarakat dalam membersihkan sampah sehingga drainase tersebut tampak bersih bila dibandingkan dengan sebelumnya,”ungkapnya.

Tidak hanya melakukan pembersihan, rencananya Angki bersama komunitasnya akan menyerahkan tempat sampah kepada warga. Hal ini sebagai simbol telah tersedia tempat sampah dan warga tidak harus membuang sampah di drainase maupun kali.

“Tujuan kami melakukan ini sebagai pembinaan lingkungan hidup, dan kami sudah berjalan ditahun lalu hanya ada saja ada kendala tertentu,”tuturnya, sembari mengatakan, adanya program ini diharapkan mampu memberi edukasi kepada masyarakat sekitar. Sehingga tidak lagi membuang sampah sembarangan, terutama di sekitaran sungai, kali maupun drainase.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/02/01/kelompok-milenial-peduli-kebersihan/

LEAVE A REPLY