Gustu Covid-19 Raja Ampat Bantu TKA Pulang Kampung

Gustu Covid-19 Raja Ampat Bantu TKA Pulang Kampung

0
4

Waisai, Semarak.News – Gugus tugas (Gustu) percepatan penanganan Virus Corona atau Covid-19 Raja Ampat, membantu pemulangan tiga orang TKA (Tenaga Kerja Asing) dari Kota Waisai untuk dapat kembali ke negara asal masing-masing, Kamis (25/6).

Ketiga TKA yang akan pulang ini, Andreia Filipa Nogueira Gomes tujuan perjalanan ke Portugal, kemudian Nicolas Thierry Yves Fourgaut dan Tatiana Tiemi Maebayashi Nagao tujuan Prancis. Dimana selama ini mereka bekerja di PT. Papua Diving di Raja Ampat.

Sekretaris Pelaksana Harian Satgas COVID- 19 di Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo mengakui bahwa, tiga TKA yang akan melakukan perjalan tersebut, selama ini bekerja di Resort PT. Papua Diving, tapi karena ada pandemi semua akses ditutup mereka tidak dapat pulang.

Dimana, lanjut dia, ada pembatasan di seluruh negara, termasuk negara Indonesia tidak boleh melakukan perjalanan karena sudah lockdown. Hal ini mengakibatkan banyak touris serta TKA yang terjebak di Indonesia, lebih khusus di Raja Ampat tak bisa balik ke negaranya.

“Pemulangan ini bukan yang pertama dan khusus Raja Ampat, spesifikasi turis sudah ada berkisar 15 orang juga TKA 8 orang. Semuanya diberi kemudahan ke luar dari Indonesia sesuai surat Kementerian Luar Negeri (Kemenlu),” ujar Yusdi di Kantor Geopark, Kamis (25/6).

Dijelaskannya, permintaan surat Kemenlu yang dikirim ke Indonesia berupa nota diplomatik dari kedutaan dari masing-masing negara. Dengan dasar itu, Kemenlu menyurati gubernur, walikota, bupati juga Satgas Covid-19 supaya memberikan kemudahan bagi orang asing balik ke negaranya.

“Sama halnya, warga Indonesia yang ada diluar negeri diberikan kemudahan kembali pulang ke tanah air. Pemulangan ini sudah berjalan sejak ada surat dari Kemenlu RI, hanya saja turis dan TKA ini menunggu kepastian tiket pesawat dulu baru diurus surat jalan,” tutup Yusdi.

Sumber: https://papuabaratpos.com/gustu-covid-19-bantu-tka-pulang-kampung/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY