Sorong, Semarak.News – Rumah Sakit (RS) Sele Be Solu Kota Sorong tengah mempersiapkan ruang khusus isolasi, tenaga dokter dan juga Alat Perlindung Diri (APD) bagi para petugas rumah sakit. Persiapan ini dilakukan, karena RS Sele Be Solu ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan sementara, karena RSUD Sorong yang dipersiapkan Kementerian Kesehatan sebagai rumah sakit rujukan pasien Corona.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sorong Hermanus Kalasuat menyatakan, dirinya bersama tim dari Dinkes melakukan kunjungan, untuk melihat sejauh mana kesiapan RS Sele Be Solu sebagai Rumah Sakit Persiapan. Setelah sampai di RS Sele Be Solu dirinya melihat dari sisi kesiapan ruangan telah usai dengan berbagai peralatan pendukung.

“Tinggal membenahi beberapa yang masih kurang,” jelasnya kepada wartawan, Jumat (13/3).

Untuk kapasitas ruangan yang disediakan, tambah Herman, yakni sebanyak 5 tempat tidur disiapkan diantaranya empat tempat tidur disiapkan di gedung bagian belakang RS Sele Be Solu dan satu tempat tidur atau ruang isolasi di HCU.

“Sedangkan alur protapnya kami tengah melakukan revisi lagi dan perbaikan dengan tim dokter di rumah sakit, terkait alur protap penanganan pasien. Revisi terkait alur masuk dan alur perawatan selanjutnya,” terangnya.

Sementara itu, Direktur RS Sele Be Solu dr. Mavkren Kambuaya mengungkapkan, pihaknya saat ini telah menyiapkan dua ruang isolasi. Dimana satu ruang isolasi berisi 4 tempat tidur dan satu ruang isolasi lagi yang berada didalam Ruang HCU, berisi satu tempat tidur.

“Dan kami semua di sini baik pegawai, managemen, staf maupun dokter siap untuk penanggulangan pasien virus Corona ini karena tidak mungkin hanya dokter saja yang menangani,”ungkapnya.

Untuk total dokter di RS Sele Be Solu sekitar 53 dokter baik dokter spesialis, umum maupun dokter gigi. Dan dokter yang khusus untuk penanggung jawab pasien corona ialah dokter Interna yang merupakan leader team berjumlah 3 orang dokter spesialis penyakit dalam. Pihaknya memang sudah memiliki alat pelindung diri (APD) untuk petugas, namun jumlahnya masih sangat terbatas.

“APD itu yang paling utama yang harus dipersiapkan, kami memang sudah punya, tapi masih ada keterbatasan. Makanya kami meminta dukungan dari Dinas Kesehatan Kota Sorong dan Dinas Kesehatan Provinsi Papua Barat untuk pengadaan APD,” harapnya.

Sumber: https://www.radarsorongnews.com/2020/03/14/siapkan-dua-ruang-isolasi-pasien-corona/

LEAVE A REPLY