KPU Palembang Sosialisasikan PKPU ke Aparat TNI : TNI Netral Dalam Pilkada Bukan Berarti Tidak Tahu Sama Sekali

Komisioner KPU Palembang, Abdul Karim menyosialisasikan PKPU kepada aparat TNI

SemarakNews.com, Palembang – Pasca reformasi TNI tidak diperbolehkan berpartisipasi dalam kegiatan politik praktis. Selain tidak bisa memilih atau dipilih, TNI tidak diperkenankan untuk memihak kepada salah satu calon. TNI dituntut untuk netral dalam pelaksanaan Pilkada maupun Pemilu. Namun sejatinya walaupun harus netral, aparat TNI harus mengetahui Peraturan Perundang-Undangan yang mengatur mengenai Pilkada maupun Pemilu.

Selasa (3/4) KPU Kota Palembang menyosialisasikan UU No. 1-5 Tahun 2017 tentang Pilkada kepada 56 orang Babinsa dan Calon Babinsa se-Kota Palembang di Koramil Kamboja. Pengetahuan dan wawsan mengenai peraturan terkait Pilkada perlu diketahui oleh aparat TNI, terlebih Babinsa merupakan aparat TNI yang secara langsung bersinggungan dengan masyarakat di desa maupun kelurahan di wilayahnya.

Wadan Koramil Kamboja, Peltu Cecep mengatakan “Diharapkan dengan adanya mengundang KPU sebagai pemateri dapat memberikan wawasan dan pengetahuan kepada anggota TNI terkait tahapan penyelenggaraan Pilkada. Walaupun aparat TNI diwajibkan netral dalam pemilu namun tidak boleh buta informasi terkait hal-hal tentang pemilu dalam rangka mengamankan serta menyukseskan Pilkada Serentak 2018”.

Sosialisasi ini merupakan bagian dari serangkaian kegiatan pembekalan dengan tema “Melalui Kegiatan Pendayagunaan Koramil Model, Kita Wujudkan Kesiapan Apkowil Dalam Rangka Mewujudkan Ketahanan Wilayah Aspek Darat”

Komisioner KPU Kota Palembang, Abdul Karim mengatakan bahwa senang dapat diberikan waktu untuk menyosialisasikan tentang PKPU kepada aparat TNI di Kota Palembang. Pihaknya mengharap agar sosialisasi ini juga dilakukan oleh Koramil lainya dan siap apabila diundang kembali untuk mengisi matari terkait PKPU. (SAY)

TINGGALKAN BALASAN