Kodim Alor Gelar Pengobatan Gratis

Kodim Alor Gelar Pengobatan Gratis

0
11

Pailelang, Semarak.News | Kodim 1622/Alor menyelenggarakan kegiatan bakti sosial pengobatan gratis secara massal di Desa Pailelang Kecamatan ABAD, Kamis, (25/7/19) pagi tadi. Kegiatan ini dalam rangka mensukseskan program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 yang sedang berlangsung di desa tersebut.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, juga bersama Dinas Kesehatan dan BKKBN Kabupaten Alor. Selain pengobatan gratis juga dilakukan kegiatan penyuluhan.

Pihak BKKBN Kabupaten Alor sedang menyampaikan materi penyuluhan

Kepala Subbid Fasilitasi Tanggap Darurat, Pusat Krisis Kesehatan Rahmat Ramadan Jaya menjelaskan, program yang digagas ini sifatnya memadukan sumber daya alam yang ada di wilayah. Dia menyebut, kegiatan ini rutin dilakukan setiap tahun secara bergilir. “Syukur hari ini kami bisa membantu masyarakat dengan melakukan pengobatan gratis disini. Kegiatan seperti ini biasanya hanya sekali. Kegiatan ini terlaksana usulan dari pemerintah daerah dan jajaran Kodim Alor,” ujar Ramadan Jaya.

Ia menjelaskan, program ini sangat menyentuh langsung permasalahan yang ada ditengah-tengah masyarakat. Dan, yang menjadi prioritas adalah bagaimana pemerintah menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kesehatan yang layak. “Kami berharap masyarakat memanfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin,” harap dia.

“Jika ada keluhan dan ada penyakit silahkan disampaikan untuk dilakukan pemeriksaan. Melalui TMMD, dengan jalan dibuka ini masyarakat memanfaatkan peluang ini dengan baik, sebab dokter dan para medis turun langsung ke lokasi TMMD,” tandasnya lagi.

Ratusan warga masyarakat Desa Pailelang mengikuti kegiatan pengobatan gratis

Ramadan Jaya menyebut, pelayanan kesehatan ini merupakan satu komponen yang penting dalam memainkan peran, juga bagaimana kebiasaan kita dalam memainkan peran pola hidup sehat kita sehari-hari. “Pesan kami yaitu manfaatkan kesempatan ini dengan baik. Hari ini juga akan ada penyuluhan tentang pola hidup sehat dan kami berharap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dan mengambil hal-hal yang penting untuk diterapkan dalam kehidupan keluarga,” imbuhnya.

Dandim 1622/Alor Letkol Inf Supyan Munawar, S.Ag menyatakan, kegiatan pengobatan gratis ini sekaligus mendukung program pemerintah daerah yakni Alor Sehat. Ia menambahkan, kegiatan ini terlaksana atas sebuah komunikasi dan koordinasi bersama pusat krisis Kementerian Kesehatan yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Alor.

“Pelaksanaannya melibatkan tenaga medis baik dokter, perawat maupun apoteker yang berada di Dinkes, puskesmas maupun yang ada di jajaran rumah sakit. Selain itu kami juga mengikutsertakan tenaga medis di Kodim, maupun ibu-ibu persit yang mempunyai kemampuan dibidang medis,” kata Munawar.

Seorang peserta bernama Yusuf Karbui menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kodim 1622/Alor atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia menyatakan, kegiatan pengobatan gratis ini sangat membantu masyarakat. “Saya datang ke sini karena saya juga sakit. Saya sudah dikasih obat. Semoga kedepan kegiatan seperti ini terus dilakukan untuk membantu kami masyarakat,” ungkap Yusuf Karbui.

Seperti pantauan wartawan, kegiatan tersebut berlangsung dengan lancar dan sukses. Kegiatan pengobatan gratis secara massal ini dilakukan di Poskotis TMMD di Pailelang. *(Joka)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY