Ketua Panwascam Lingsar: Masih Ada Pelanggaran Pilkada

Ketua Panwascam Lingsar, Kab. Lobar, Kardinah S.Pd

Selong, Semarak.news – Dominasi pelanggaran pelaksanaan Pilkada di Kecamatan Lingsar , Kab. Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat adalah tiap-tiap Paslon tidak memiliki Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye dari Kepolisian dalam berbagai kesempatan kampanye paslon. Hal tersebut disampaikan oleh Kardinah S.Pd selaku Ketua Panwaslu Kecamatan (Panwascam) Lingsar, Kab. Lobar kepada Semarak.news di Kantor Panwascam Lingsar (3/4/2018).

Selain tidak adanya STTP, pelanggaran lainnya adalah banyak ditemukan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang melanggar aturan. Kardinah bersama Satpol PP, Kepolisian, dan Babinkamtibmas telah melakukan penyisiran dan penyopotan sebanyak 100 APK dan BK yang melanggar Zona C dan tidak sesuai aturan pada Rabu, 28 Maret 2018 lalu.

Penyisiran juga dilakukan pada pemasangan APK dan BK yang tidak mencantumkan nomor urut dan yang dipasang di tempat pendidikan ataupun tempat ibadah. Kardinah telah mengintruksikan kepada para kades untuk menyimpan terlebih dahulu banner dan lain sebagainya yang mencantumkan gambar paslon petahana hingga selesai masa cuti petahana yang bersangkutan.

Pelanggaran lainnya adalah ditemukan keterlibatan anak-anak dalam kampanye. Setelah tim pemenangan dipanggil untuk klarifikasi, ditemukan bahwa tim kampanye mengundang orang tua anak, namun karena di rumah anak tidak ada yang menjaga akhirnya dibawa oleh orang tuanya untuk mengikuti kegiatan kampanye. Namun Panwascam tetap mengintruksikan dan memberikan peringatan kepada paslon maupun tim pemenangan paslon.

“Kecamatan Lingsar terdiri dari 15 desa, dan salah satu desa yaitu Desa Batu Mekar terdiri dari 12 dusun yang terdapat di wilayah pegunungan. Kurangnya personel Panwascam mengakibatkan petugas kewelahan menanggani seluruh desa. Dalam aturan Panwaslu, satu petugas Panwascam mengakomodir satu desa.” ujarnya ketika ditanya kendala Panwascam dalam mengawasi pelaksanaan Pilkada di Lobar ini. (tya)

TINGGALKAN BALASAN