Palembang, Semarak.news – Pembangunan Kereta Api Ringan atau Light Rail Transit (LRT) di Kota Palembang menjadi salah satu indikator kesuksesan infrastruktur di Provinsi Sumatera Selatan. Kesinambungan penyelenggaraan LRT tersebut diharapkan mampu menjadi acuan bagi daerah-daerah lain yang menginginkan moda transportasi bebas kemacetan yang menjadi tema pembahasan dalam kegiatan FGD di Ruang Bina Praja Sekda Provinsi Sumatera Selatan.

“Pembangunan LRT di Kota Palembang merupakan trigger dan acuan bagi kota lain, karena dulunya sudah banyak kota-kota di Indonesia ini yang ingin membangun angkutan pemadumoda.” tandas Kurniawan AP selaku perwakilan dari Dinas Perhubungan Kota Palembang.

Sebelumnya, proyek pembangunan LRT menjadi perebutan bagi beberapa kota besar di wilayah Indonesia. Namun, pelaksanaan pembangunan tersebut akhirnya berada di Kota Palembang, mengingat akan adanya perhelatan besar dalam bidang olahraga, yakni Asian Games 2018. Berkaca dari pengalaman sebelumnya, pelaksanaan Asian Games 2013 mengalami beberapa kendala salah satunya akses jalan menuju kawasan Jakabaring yang mengalami kemacetan cukup parah, hingga mengakibatkan sulitnya para pengunjung untuk menyaksikan event tersebut. Tak mau terulang, para investor swasta dan BUMN serta Dinas Perhubungan menjalin kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dan Kementerian Perhubungan untuk membangun transportasi pemadu moda dengan dukungan prasarana yang menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD).

TINGGALKAN BALASAN