Jakarta, Semarak.news -eksotisme kepulauan di wilayah timur Indonesia seolah tidak ada habisnya untuk dijelajahi. Sebut saja Pulau Sumba yang sedang naik daun, tidak ketinggalan pula Pulau Komodo yang menawarkan pesona wisata di alam liar. Salah satu tempat yang tidak kalah mempesona untuk menjadi tujuan wisata adalah Kota Kupang.

Kupang merupakan nama kabupaten dan kotamadya sekaligus ibukota dari Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya berada di sisi barat Pulau Timor yang berdekatan dengan Pulau Rote. Salah satu keindahan yang dapat kita temukan adalah “Goa Kristal”
Gua Kristal ini berada di daerah Bolok, sekitar 20 km dari kota Kupang. Gradasi warna biru muda dan tua memendar dari kolam air di dalam Goa Kristal. Batuan berwarna putih terlihat ketika cahaya dari lampu menyorot ke dasar air. Panorama Goa Kristal seakan mengajak kami untuk masuk ke dalam air.
Kolam air tersembunyi di balik celah bebatuan karst goa. Kolam itu memanjang dari utara hingga selatan dengan ukuran sekitar 10 meter x 3 meter. Untuk menjangkaunya, perlu usaha ekstra karena harus menuruni batuan licin sekitar 20-25 meter. Keunikan Goa Kristal terletak pada kolam mungil yang berkedalaman hingga lebih dari 8 meter. Airnya sangat bersih dan cukup dingin. Tak ada lumpur dan sampah apa pun di dalam goa.

Air di Goa Kristal terasa payau (campuran air tawar dan air laut). air di dalam goa memang tersambung hingga ke laut yang berjarak kurang dari 250 meter dari goa. Di lain sisi, karakteristik batuan karst, air hujan meresap ke dalam goa lewat pori-porinya. Hal itu terbukti dari struktur langit-langit goa yang memiliki stalaktit (endapan batu kapur yang menjulur dari langit-langit goa). Keindahan stalaktit yang disinari cahaya juga jadi daya tarik ketika berada di dalam Goa Kristal. (RA) Goa Kristal

LEAVE A REPLY