Kapolda Jabar Menekankan Toleransi dan Keamanan Dalam Pilkada Serentak 2018

Jawa Barat, Semarak.News – Agung Budi Maryono selaku Kapolda Jawa Barat meminta bantuan kepada para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat untuk memberikan  ceramah dan pengertian kepada masyarakat tentang pentingnya rasa toleransi. Hal demikian juga ditujukan kepada masyarakat secara langsung agar dapat saling menghormati dan menghargai perbedaan yang terdapat diantara masyarakat. Hal demikian dilakukan terkait semakin maraknya berita-berita hox yang berisikan ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.  Seperti hal telah terjadi di Suriah.

“Pada era media sosial seperti ini, fitnah atau ujaran kebencian mudah sekali‎ menyebar. Jangan sampai hal yang terjadi di Suriah terjadi di Indonesia, ini karena fitnah-fitnah tersebut,” kata Agung.

Oleh karena itu diperlukanya tindakan-tindakan yang bersifat preventif untuk mecegah kemunculan konflik yang dapat muncul sewaktu-waktu. Tindakan ini dapat berupa pembelajaran yang dapat diberikan kepada anak sejak dini saat disekolah, maupun dilingkungan keluarga dengan cara mencontohkan sikap saling menghargai dan menghormati atar tetangga.

“Teruslah memberikan pengarahan pada generasi muda bahwa kita adalah bangsa yang besar. Selain itu berikanlah penjelasan dari Bhinneka Tunggal Ika. Sehingga dengan demikian kita bisa menghindari perpecahan di Negara tercinta kita ini,” ujarnya.

Dilain pihak, saat ini bertempatan dengan momentum Pilkada Serentak 2018, Agung memerintahkan kepada seluruh anggota Kepolisian untuk bersikap netral kepada setiap kondisi dan situasi politik yang terjadi. Jangan sampai kedapatan polisi yang bertindak tidak netral, jika hal tersebut terjadi maka dirinya akan menindak secara tegas angotanya. Ia juga menekankan bahwa peran polisi dalam momentum Pilkada Serentak adalah sebagai pengamanan, agar nanti pesta demokrasi ini dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

“Sudah saya perintahkan dan lebih dari 10 kali saya katakan. Kalau ada anggota Polri yang tidak netral, silahkan laporkan, langsung saya proses,” imbuhnya. [SKW]

TINGGALKAN BALASAN