Kapasitas Rumah Tahanan serta Lapas Membludak, Potensi Konflik di Lapas dan Rutan Semakin Besar

over capacity tahanan lapas [Sumber : Tribunnews.com]

Samarinda, Semarak.News – Kapasitas lapas dan rumah tahanan (rutan) di Kalimantan Timur semakin membludak (over capacity). Hampir seluruh lapas serta rutan yang ada di Kaltim sudah penuh oleh napi dan tahanan yang melebihi jumlah batas kapasitasnya. (26/2)

Dilansir dari data Kantor Wilayah Kemenkumhan Kaltim tentang kondisi jumlah narapidana serta tahanan yang berada di kawasan Kalimantan Timur, jumlah paling banyak berada di rutan kelas II A Samarinda dengan jumlah tahanan sebanyak 1430 tahanan yang seharusnya kapasitas tahanan berjumlah 442. Jika di persentasikan kelebihan kapasitasnya mencapai 224%.

Sedangkan presentase terbesar terhadap kelebihan kapasitas berada di lapas kelas II A Tarakan dengan presentase kelebihan kapasitas mencapai 582%. Tahanan yang berada di lapas kelas II A Tarakan ini berjumlah 1057 orang dengan kapasitas hanya berjumlah 155 orang.

Terkait dengan kelebihan kapasitas ini, baru dibangun lagi lapas khusus perempuan kelas II A di Samarinda dengan jumlah kapasitas 60 orang. Namun dengan kapasitas sekecil itu tentu belum bisa menutupi membludaknya kapasitas tahanan serta narapidana di Kaltim.

Tidak hanya di Kaltim, begitu juga dengan Rutan dan Lapas di daerah lain yang kemungkinan dalam kondisi serupa, bahkan dengan presentase yang lebih besar.

Mengingat sebelumnya banyak kasus kerusuhan dan perusakan hingga pembakaran terhadap Lapas/Rutan di beberapa daerah yang diduga disebabkan over capacity  dan kurang proporsionalnya jumlah sipir dengan warga binaan.

Tidak menutup kemungkinan kasus tersebut dapat terulang kembali di masa yang akan datang apabila Dirjen Pemasyarakatan tidak segera mengambil langka antisipatif terhadap masalah over capacity tersebut.

Berbagai kasus sudah terjadi sebelumnya terkait tahanan kabur, penyerangan terhadap sipir, serta penyaluran narkoba dan narkotika yang kerap terjadi di lapas dan rutan. Makanya potensi yang ditimbulkan oleh para tahanan terhadap munculnya konflik sangat besar dan perlu diberikan ruang tambahan bagi para tahanan agar dapat sedikit mereda potensi konflik yang tidak diharapakan terjadi.(ERU)

 

TINGGALKAN BALASAN