Kapal Penumpang KM Fungka Terbakar dan Tenggelam

Jakarta, Semarak.News – Kapal Penumpang KM Fungka Permata terbakar dan tenggelam di perairan Banggai Laut, Sulawesi Tengah, Jumat (14/9) Petang.

KM Fungka berlayar dari Barbau, Sulawesi Tenggara dengan tujuan akhir Taliabo, Maluku Utara dengan membawa sekitar 150 penumpang, termasuk ABK.

Kapolres Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah, AKBP Idam menyebut bahwa pada pukul 18.50 WITA, pihaknya menerima informasi dari Kepala Desa Tagong Sagu, Kecamatan Bangkurung mengenai insiden tersebut. Tim SAR bersama petugas TNI, Polri, dan BPBD menempuh perjalanan empat jam dan menembus gelombang cukup tinggi untuk memberikan pertolongan hingga sampai di lokasi kejadian.

Hingga saat ini, Sabtu (15/9) tim SAR sudah berhasil menemukan 126 penumpang selamat dan 10 orang meninggal dunia.

“Di antara yang selamat itu, terdapat 11 anak buah kapal (ABK) bersama nakhodanya Andi Sulistiyono, sedangkan yang meninggal dunia terdapat dua balita,” ungkap Aksar Amir, pejabat BPBD Banggai Laut kepada¬†Antara.

Dalam proses penyelamatan tim SAR menggunakan sampan dan pelampung serta papan-papan seadanya dari bekas bangkai KM Fungka yang terbakar dan tenggelam.

kondisi korban saat ini masih dalam proses evakuasi dari lokasi kejadian menggunakan KM Lapolo Ekspres.

Menurut salah satu ABK yang selamat, kejadian tersebut berawal saat mesin tiba-tiba panas karena air pendingin tidak jalan hingga akhirnya membakar kapal. Kapal diketahui tenggelam di sekitar Pulau Tagong Sagu, Kecamatan Bangkurung, kabupaten Bangai Laut.

TINGGALKAN BALASAN