Kanselir Jerman Angela Merkel Tak Maju Pemilu 2021

BERLIN, GERMANY - OCTOBER 29: German Chancellor and leader of the German Christian Democrats (CDU) Angela Merkel speaks at a press conference the day after elections in the state of Hesse on October 29, 2018 in Berlin, Germany. Merkel announced that she will not seek re-election neither as party chairwoman nor as chancellor, and that she will withdraw from political office once her terms end. The CDU came in first place in Hesse but at 27% a full 11 points less than in the last election. (Photo by Sean Gallup/Getty Images)

Berlin, Semarak.News – Merkel, yang telah menjadi Kanselir sejak 2005, membuat pengumuman saat konferensi pers Senin (29/10) di Berlin sebagaimana dilansir dari CNN.

Merkel mengatakan akan mengundurkan diri sebagai kanselir Jerman pada akhir masa jabatannya tahun 2021 setelah serangkaian krisis politik dan kekalahan partainya dalam pemungutan suara.“hari ini adalah waktu bagi saya untuk memulai bab baru,” kata Merkel kepada reporter di Berlin.

“Ini adalah masa jabatan terakhir saya sebagai kanselir. Saya juga tidak berniat maju menjadi anggota legislatif. Saya tidak akan mencari jabatan politik setelah masa pemerintahan saya berakhir pada 2021,” kata Merkel dalam jumpa pers, sebagaimana dilansir Reuters.

Merkel sebelumnya menginformasikan kepada Partai Demokrat Kristen (CDU) bahwa dia tidak akan mencalonkan diri lagi menjadi ketua partai pada kongres bulan Desember untuk memberikan jalan bagi kepemimpinan baru serta tidak akan memilih sendiri penerusnya sebagai ketua partai ketika dia mengundurkan diri. (MIK)

 

TINGGALKAN BALASAN