Jet Amerika vs Pesawat Tempur Rusia, Siapa Lebih Unggul ?

Foto: tempo.co

USA, Semarak.news –  Pesawat tempur Amerika mencegat 4 pesawat tempur milik Russia yang memasuki lintas udara di Alaska. Dua Russian Tu-95 “Bear”  bombers dan dua Su-35 “Flanker”  memasuki daerah terlarang yang diketahui dan teridentifikasi oleh Angkatan Udara Alaska pada Selasa. Pernyataan tersebut disampaikan  NORAD  pada hari Rabu.

NORAD tidak menjelaskan secara lengkap mengenai jarak pesawat Russia dengan area udara milik Amerika, bahkan arah kedatangan pesawat tersebut. Pencegatan terjadi pada pukul 22.00 waktu set empathy. Pihak Russia mengklaim bahwa pesawat milik mereka tidak dekat dengan area udara Amerika. Pesawat berada di udara sekitar 40 menit dan tidak pernah lebih dekat dari 100 meter, berdasarkan lintasan yang ada.

Kawasan udara tersebut diklaim oleh Amerika setelah perang  dunia ke dua, tanpa ada perjanjian Internasional yang mengikat. Bahkan luas kawasan tersebut, 200 mil lebih jauh dari bagian Barat Alaska. Hal ini bukan pertama kalinya. Kejadian tersebut merupakan kajadian kedua pencegatan Amerika terhadap Russia dalam bulan ini.

“Melindungi negara merupakan prioritas utama kami, ” ucap NORAD setelah pencegatan yang terjadi pada hari Selasa lalu.” Identifikasi dan monitoring pesawat yang masuk ke Amerika atau Angkatan Udara Kanada mengidentifikasi daerah demonstrasi bagaimana NORAD memberikan peringatan dan mengontrol kegiatan udara untuk Amerika dan Kanada.

Amerika merupakan yang pertama mengklaim ADIZ  pada 1950 dan sekitar 20 negara lain melakukan hal yang sama setelah permasalahan tersebut mencuat .  (SeriNKP) 

TINGGALKAN BALASAN