Jalan Tigabaru-Saluksuk Terputus, Masyarakat Rugi Besar

[sumber: tribun]

Dairi, Semarak.news – Jalan yang menghubungakan Tigabaru-Saluksuk Kecamatan Pegagan Hilir Kabupaten Dairi Sumatera Utara putus total. Warga Kecamatan Pegagan Hilir, Doharman Sinaga, mengatakan bahwa jalan tersebut sudah tidak berfungsi lagi sejak Selasa (06/03/2018) malam. Jalan yang dimaksud berada di Desa Perik Mbue dengan kondisi aspal yang sudah longsor ke jurang.

“Guyuran hujan belakangan ini membuat beban tanah kian berat sehingga mudah longsor. Kondisi jalan sekarang tinggal 30 persen, sementara konstruksi sudah terlihat mengkhawatirkan sejak bulan Oktober 2017. Beberapa waktu yang lalu konstruksi sudah terkikis menjadi setengah jalan tetapi tidak juga diperbaiki.”. jelas Doharman.

Kepala Desa Perik Mbue, Jese Siringo-ringo, juga mengatakan selain memutus akses Tigabaru-Saluksuk juga memutus akses Desa Perik Mbue-Juma Meja. Sekitar 400 kepala keluarga di dua desa tersebut paling merasakan kerugian ekonomi.

“Hasil pertanian berupa kelapa sawit, cabe, dan kakao tak bisa dipasarkan. Bagaimana mau menjual sementara mobil tak boleh melintas? Kami sudah laporkan kondisi ini ke Camat.” Jelas Jese.

Sementara ini penduduk bergotong royong membuka akses alternatif, yakni mengeruk tebing di sekitarnya. Permukaan jalanpun berganti tanah liat. Beberapa pengemudi yang lewat turut berpartisipasi memberi bantuan. Masyarakat berharap, pemerintah daerah segera melakukan perbaikan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bahagia Ginting, membenarkan sudah menerima laporan. Pihaknya sudah meneruskan kepada Kepala Dinas Pekerjaan Umum guna mendapatkan penanganan segera. [CRZ]

TINGGALKAN BALASAN