Irwandi Yusuf Paparkan Potensi Aceh dalam Forum Duta Besar

Jakarta, Semarak.News – Pasca terjadinya tsunami tahun 2004 Provinsi Aceh mengalami berbagai percepatan pemulihan di berbagai sektor. Salah satunya adalah infrastruktur. provinsi yang di juluki dengan serambi Mekah ini memiliki banyak potensi alam yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya.

Untuk membahas hal tersebut dilakukan pertemuan oleh Gubernur Aceh Irwandi Yusuf menjadi narasumber bersama duta besar Turki Untuk Indonesia, Dr. Sander Gurbuz dalam Program Forum Duta Besar yang dipandu oleh Host Maria Harfanti di Studio TVRI Pusat, Jakarta, Jumat (2/3).

Dalam sesi pertama, Irwandi mengatakan terdapat dua perusahan energi asal Turki yang akan menanamkan modalnya di Aceh, yaitu Hitay. Perusahaan tersebut yang akan menggarap geothermal dan Aksa yang akan membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) di Lhokseumawe. Selain dari segi energi, Irwandi juga mempromosikan berbagai produk khas Aceh yang terkenal hingga ke berbagai negara kepada Duta Besar Turki seperti kopi Arabica Gayo yang sudah terkenal dengan kualitasnya, beberapa sektor pariwisata serta pelabuhan.

Selain itu, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah juga sedang mengembangkan sektor penerbangan. Baik dari segi pelebaran runway bandara dan beberapa infrastruktur bandara lainnya untuk meningkatkan sarana kerdirgantaraan.

Sementara itu narasumber lainnya, Ali Mudakir, Direktur Operasi Pertamina PGE mengatakan bahwa Indonesia memiliki potensi geotermal terbesar di dunia, salah satunya di Aceh. Ada lima titik lokasi geotermal yang sangat berpotensi di Aceh, dua di antaranya di Kota Sabang dan Seulawah, Aceh Besar.

“Untuk tahun depan Geotermal Seulawah segera memasuki tahap eksplorasi,” ujar Ali Mudakir.

Dirinya menambahkan bahwa dengan dilakukanya pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan panas bumi dapat memberikan efek pada berbagai sektor salah satunya berkembangya industri pariwisata seperti pemandian air panas yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Hal ini senada dengan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Turki beberapa untuk menindaklanjuti kerjasama dengan beberapa perusahaan Turki dalam mengembangkan potensi geotermal di Indonesia.

Selain dari bidang energi, Duta Besar Turki Untuk Indonesia Dr Sander Gurbuz mengatakan pihaknya akan membuka peluang kerja sama bidang pendidikan dan industri Pariwisata

Beberapa narasumber yang hadir dalam kegiatan Forum Dutatersebut adalah Dr Mehmet Kadri Sander Gurbuz, Duta Besar Turki untuk Indonesia, Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Zeki Kanadikirik dari Kordsa Company, Ufuk Berk dari Karadeniz Holding, Jufli Hadi dari Hitay Investment Holding, Fatih Guldas dari Turkish Airline dan Ali Mudakir dari Direktur Operasi Pertamina PGE.(MH)

TINGGALKAN BALASAN