Manokwari, Semarak.News – Direktorat Kepolisian Air dan Udara (Dit Polairud) Polda Papua Barat, meningkatkan patroli pengawasan di wilayah parairan Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Dr Tornagogo Sihombing, S.IK.,M.Si melalui Kabid Humas AKBP Mathias Yosias Krey, S.Pd mengatakan, peningkatan patroli ini disebabkan karena sudah tiga kali terjadi tabrakan terumbu karang hidup di perairan Raja Ampat yang dilakukan oleh kapal asing.

“Karena itu patroli dalam rangka mengawasi perairan Raja Ampat ditingkatkan, Direktorat Polairud Polda Papua Barat bersama Polres Raja Ampat intens melakukan patroli, supaya menjaga tidak terjadi tabrakan seperti ini,” ujar Krey saat menggelar konfrensi pers bersama sejumlah wartawan di ruang kerjanya, Rabu (8/1).

Selain patroli, kepolisian akan membangun pos-pos penjagaan di daerah destinasi wisata, supaya membantu menjaga keamanan, sekaligus mengantisipasi terjadinya dugaan faktor sengaja yang telah terjadi selama ini.

“Karena masih kurang sarana transportasi seperti speedboat, sehingga perlu dibangun pos-pos penjagaan di wilayah destinasi wisata, karena Raja Ampat terkenal dengan daerah destinasi wisata yang mendunia,” tegas Krey.

Ia menambahkan, pihaknya juga sedang melakukan penyelidikan tentang tabrakan terumbu karang hidup yang dilakukan kapal asing yang datang bewisata, pasalnya instansi terkait sudah memasang rambu-rambu pada daerah konservasi, namun kejadian itu selalu terulang.

Sesuai data yang dihimpun Papua Barat Pos, peristiwa ini sudah terjadi dua kali pada akhir tahun 2019 dan awal 2020, dengan modus berwisata menggunakan kapal pesiar berbedera asing untuk melakukan diving, ternyata menabrak terumbu karang.

Kejadian tabrakan terumbu karang hidup pertama terjadi dilakukan Kapal Pesiar MV. Aqua Blue pada Rabu18 Desembers 2019 pukul 12.45 WIT di Perairan Kepulauan Wayag, Distrik Waigeo Barat Daratan.

Kemudian terjadi tabrakan karang hidup yang kedua oleh K KM Lamima Surabaya di antara Pulau Banos dan Lenmakana, wilayah perairan Misol, Kabupaten Raja Ampat, Jumat Januari 2020, sekira pukul 19.45 WIT.

Sumber: https://papuabaratpos.com/patroli-perairan-di-raja-ampat-ditingkatkan/

LEAVE A REPLY