Sorong, Semarak.News – Bank Mandiri (Persero) Tbk bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat dalam melakukan inovasi-inovasi demi memajukan wisata di Kabupatan Raja Ampat, salah satunya dengan membuat Aplikasi Visit Raja Ampat yang sama seperti Traveloka.

Transaction Banking Retail Head Bank Mandiri Region 12 Papua, Christianto Adi Wicaksono menjelaskan bahwa keterlibatan Bank Mandiri pada aplikasi yang diterbitkan oleh Dinas Pariwisata Raja Ampat adalah sebagai Payment Banknya. “Jadi Dinas Pariwisata Raja Ampat memiliki inovasi untuk membuat aplikasi seperti Traveloka namun yang bermuatan lokal dan mengangkat kearifan lokal daerah Raja Ampat dan aplikasi tersebut diberi nama Visit Raja Ampat,” jelasnya kepada wartawan.

Kemudian aplikasi Visit Rafa Ampat atau yang biasa disebut e-Commerce ini sudah bisa didownload melalui play store dan kedepannya pun bisa pula didownload melalui IOS. Selain itu karena Bank Mandiri pun terlibat dalam aplikasi tersebut sehingga proses transaksi melalui aplikasi tersebut bisa langsung bayar melalui aplikasi tersebut. “Jadi nanti secara eksklusif banknya hanya Mandiri, karena support sistemmya kerjasama antara Dinas Pariwisata dengan Bank Mandiri,’tuturnya.

Selain itu, aplikasi Visit Raja Ampat juga dapat diakses oleh para pengunjung, yang ada di seluruh negara untuk melakukan pemesanan resort atau home stay, sebab wisatawan mancanegara lebih dominan berkunjung ke Raja Ampat bila dibandingkan dengan wisatawan domestik.

“Jadi ketika turis asing membuka aplikasi tersebut maka mereka akan mengetahui informasi terkait Raja Ampat. Karena aplikasi ini memiliki banyak keunggulan salah satunya dapat diakses oleh seluruh wisatawan dan transaksinya bisa menggunakan kartu apa saja yang berlogo Visa master,”ungkapnya.

Kedepannya, Bank Mandlri merencanakan akan memasukkan paket cicilan di aplikasi tersebut untuk para wisatawan domestik, sebab selama ini di dalam pemlkiran masyarakat bahwa berwisata ke Raja Ampat membutuhkan banyak uang dan mahal. “Nantl kita akan menjangkau semua golongan karena selama ini destinasi wisata di Raja Ampat selalu identik dengan mewah namun nanti kami akan mencoba agar kelas menengah pun bisa masuk,” tandasnya.

Sementara itu, Area Transaction Funding Manager Bank Mandiri Tbk Somng, Orpha Jitmau mengatakan bahwa dengan adanya aplikasi ini bisa menambah kunjungan baik turis mancanegara maupun turis domestik.” Kita harus bangga di Papua ada surga dunia dan itu terletak di Kabupaten Raja Ampat dan dengan adanya aplikasi ini dalam hitungan menit saja para wisatawan bisa mengakses tempat wisata yang ada di Raja Ampat dan dapat menyiapkan uang sesuai dengan target liburan mereka,” terangnya.

Sumber: Radar Sorong

LEAVE A REPLY