Jakarta, Semarak.News | Instagram merilis pembaruan bagi pengguna yang menjadi korban peretasan. Dengan fitur baru ini, pemilik akun bisa mengambil alih kembali akun yang diretas.

Untuk memulihkan akun yang diretas, pengguna bisa masuk ke menu ‘masalah log in’ saat hendak masuk ke akun Instagram.

Instagram akan meminta Anda memasukkan beberapa informasi personal seperti alamat surel dan nomor ponsel yang terhubung atau dipakai saat mendaftar.

Langkah berikutnya, Anda akan menerima kode berupa enam angka ke kontak informasi nomor ponsel atau alamat surel. Kode ini dimasukkan saat hendak masuk ke akun Instagram.

Instagram memberi catatan jika fitur ini bisa digunakan apabila Instagram mendeteksi pengguna kesulitan mengakses akunnya. Indikasi kesulitan akses dilihat dari upaya memasukkan kata sadi berulang kali.

Jika menghadapi kendala tersebut, pengguna bisa memilih opsi ‘masalah log in’ pada laman ‘lupa kata sandi’.

Anak perusahaan Facebook ini mengatakan kemunculan fitur ini diharapkan memudahkan pengguna memulihkan akun yang diretas secara langsung melalui aplikasi, tanpa bantuan dari tim operasional komunitas Instagram.

“Instagram meluncurkan sebuah cara untuk memastikan bahwa nama akun pengguna akan tetap aman selama beberapa waktu setelah nama akun tersebut terganti. Artinya, nama akun lama pengguna tidak dapat diambil oleh orang lain, jika mereka kehilangan akses terhadap akunnya,” tulis Instagram dalam keterangan resminya.

Kemunculan fitur ini membuat pengguna tak lagi merasa khawatir jika akunnya diambil alih oleh orang lain meski sempat diganti selama beberapa saat.

Dalam beberapa kasus peretasan akun bisnis maupun publik figur, fitur ini bisa mencegah munculnya akun tidak otentik. Instagram memastikan fitur ini telah tersedia untuk pengguna Android dan menyusul di perangkat iOS dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY