Inilah yang Dilakukan KPU Dairi Agar Hak Pilih Para Tahanan Tidak Hilang

Komisioner KPU Dairi Divisi Data, Hartono Maha, saat ditemui di Kantor KPU Dairi

Dairi, Semarak.News – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Dairi membentuk TPS khusus di Rumah Tahanan (Rutan) bagi para tahanan yang akan memilih pada Pilkada 2018 mendatang.

“Untuk Pilkada 2018 seharusnya sudah tidak ada TPS khusus karena hanya ada di Pilpres kemarin. Namun demikian, kita masih menyediakan satu TPS khusus di Rutan karena ini menyangkut faktor keamanan dari para tahanan.”, jelas Hartono Maha selaku Komisioner KPU Dairi Divisi Data, Senin (23/04/2018).

Hartono Maha menyebutkan jika jumlah pemilih di rutan sebanyak 126 pemilih. Namun hasil tersebut belum selesai karena masih terdapat warga tahanan yang mengaku belum memiliki E-KTP saat dilakukan pemutakhiran di rutan. Hal itu menyebabkan KPU Dairi belum bisa menemukan data NIK beberapa tahanan dan hanya bisa menemukan data berupa nama, alamat, dan domisili.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Disdukcapil untuk melakukan perekaman kemarin agar tidak menghilangkan hak pilih dari para tahanan dan ternyata sudah dilakukan perekaman. Dari 126, hanya 25 yang sudah direkam karena ternyata sebagian sudah pernah mencetak E-KTP namun belum kami masukkan ke DPT.”, ujarnya.

Perlu diketahui, Pada tanggal 19 April 2018 saat penetapan DPT, KPU Dairi telah menerima laporan dari Dinas Dukcapil jika terdapat 86 orang tahanan yang sudah melakukan perekaman atau sudah bisa keluar E-KTP maupun Suketnya.[CRZ]

TINGGALKAN BALASAN