Bogor, semarak.news — India secara resmi meluncurkan Roket Chandrayaan-2. Indian Space Research Organisation (ISRO), badan antariksa India, telah berhasil meluncurkan Roket dengan name code GSLV MK-III. Sejatinya, Roket tersebut Roket yang paling kuat di India.

Target awal dari peluncuran Roket ini yaitu pada tanggal 16 Juli awal Bulan kemarin, akan tetapi badan antariksa India mengaku menemui hambatan teknis yang akhirnya memutuskan untuk menunda peluncuran sampai hari ini.

Melansir TNW News, Senin (22/7), Roket tersebut memiliki tiga bagian yakni; Orbiter, Vikram -bagian yang akan menangani tugas mendarat secara halus di permukaan Bulan- dan Rover Pragyaan yang berfungsi melakukan pengamatan selama satu hari di Bulan (14 hari bumi)

Sesuai jadwal, pendarat akan mencapai permukaan Bulan pada 7 September mendatang. Jika pendaratan berhasil, India akan menjadi negara keempat setelah AS, Rusia dan China untuk melakukan pendaratan di Bulan.

India menghabiskan hampir Rs1.000 crores atau sekitar Rp2 triliun untuk misi ini dan badan antariksa ingin misi ini sukses dijalankan.

LEAVE A REPLY