Hujan Tak Henti-Henti! Sungai Meluap Rendam Sebagian Kawasan di Kabupaten Bandung

Bandung, Semarak News – Sebagian wilayah di Kabupaten Bandung terendam banjir akibat luapan sejumlah aliran sungai. Hal ini disebabkan karena adanya hujan lebat yang turun terus-menerus. Meluapnya empat aliran sungai tersebut merendam ratusan rumah penduduk dan lahan persawahan di wilayah Kecamatan Rancaekek, Cileunyi, dan Bojongsoang.

Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung, jumlah wilayah yang terdampak luapan sungai Citarum, Cisangkuy, Citarik, Cikeruh, dan Cikijing menimpa warga di lima kecamatan. Di wilayah timur, luapan sungai Citarik, Cikeruh, dan Cikijing menerjang pemukiman warga dan lahan pesawahan di Kecamatan Cileunyi dan Rancaekek sedangkan pemukiman dan sawah di Kecamatan Bojongsoang akibat meluapnya sungai Citarik, Cikeruh, dan Citarum.

“Jumlah pastinya masih terus kami data, karena hingga saat ini hujan di kawasan hulu masih terjadi dan air terus naik,” kata salah seorang petugas lapangan BPBD Kabupaten Bandung, Endang.

Endang menjelaskan, hujan yang turun terus-menerus sepanjang Kamis (22/2/18) malam hingga Jumat (23/2/18) dinihari menyebabkan sungai Cikijing, Cikeruh, dan Citarik meluap sejak pukul 5.00 WIB dan puncaknya pada pukul 14.00 WIB dengan ketinggian sekitar 90cm. Hal ini dikarenakan sejak semalam wilayah selatan Kabupaten Bandung sudah terlebihdahulu dilanda banjir akibat meluapnya sungai Citarum, Cikapundung dan Cisangkuy, hingga mengakibatkan laju arus sungai Cikijing, Citarik, dan Cikeruh yang bermuara di Citarum tertahan hingga akhirnya meluap.

Banjir yang merendam sebagian wilayah di Kabupaten Bandung tersebut memiliki ketinggian yang berbeda-beda. Ketinggian air ada yang hanya 10 cm hingga ada yang 1 meter lebih kurang lebih selutut orang dewasa.

Warga masih khawatir apabila hari ini turun hujan deras lagi, karena aliran sungai bisa saja meluap lagi sehingga banjir di wilayah Kabupaten Bandung akan semakin meluas.(Zul)

TINGGALKAN BALASAN