Hoax Buster Tools, Adalah Software Anti Hoax Asli Indonesia

Hoax Buster Tools
Tampilan fiture Hoax Buster Tools

Jakarta, Semarak.News – Pengertian Hoax adalah informasi palsu, berita bohong, atau fakta yang diplintir atau direkayasa untuk tujuan lelucon hingga serius (politis). Secara bahasa Hoax (synonyms: practical joke, joke, jest, prank, trick) adalah lelucon, cerita bohong, kenakalan, olokan, membohongi, menipu, mempermainkan, memperdaya, dan memperdayakan. Berdasarkan wikipedia Pemberitaan Palsu adalah segala informasi yang tidak benar atau berita bohong. Pemberitaan hoax ini biasa dilakukan oleh sengaja oleh pelaku dengan maksud tertentu. Ini dapat dibedakan dari kesalahan dalam observasi atau penilaian. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun April Mop.

Ciri-Ciri Hoax

Menurut Dewan pers, ciri-ciri hoax adalah sebagai berikut:

  1. Mengakibatkan kecemasan, kebencian, dan permusuhan.
  2. Sumber berita tidak jelas. Hoax di media sosial biasanya pemberitaan media yang tidak terverifikasi, tidak berimbang, dan cenderung menyudutkan pihak tertentu.
  3. Bermuatan fanatisme atas nama ideologi, judul, dan pengantarnya provokatif, memberikan penghukuman serta menyembunyikan fakta dan data.

Ciri khas lain hoax adalah adanya HURUF KAPITAL, huruf tebal (bold), banyak tanda seru, dan tanpa menyebutkan sumber informasi. ( http://romeltea.com/pengertian-hoax-dan-ciri-cirinya/ )

Akhir-akhir ini di Indonesia dilanda wabah hoax yang meresahkan masyarakat dan berujung pada perpecahan antar masyarakat Indonesia sendiri. kini telah hadir aplikasi Pemberantas Hoax karya anak bangsa yaitu Hoax Buster Tools ( HBT ) yang dikembangkan oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), yaitu komunitas yang peduli akan teknologi digital.

Mafindo didirikan oleh Harry Sufehmi menciptakan Hoax Buster Tools. HBT beroprasi pada sistem operasi smartphone dengan basis Android. Cara kerja dari Hoax Buster Tools adalah seperti search engine, jadi kita hanya perlu memasukkan judul berita yang akan kita cek nantinya akan di cek dan diberitahu apakah berita tersebut adalah berita hoax atau bukan.

Semoga masyrakat dapat melek akan teknologi dan dapat mengikuti perkembangan teknologi agar tidak mudah terbawa oleh berita palsu yang dapat merusak keutuhan NKRI. Untuk aplikasi dapat diunduk di google Play atau melalui link : https://play.google.com/store/apps/details?id=irfan.hoaxbustertools&hl=in

Beratas HOAX, Galakkan Anti HOAX dari diri kita sendri !!!

Selamat Mencoba guys ! ( RC )

TINGGALKAN BALASAN