Haul Kyai Marogan ke-117 akan di gelar 13-15 April

Haul Kyai Marogan ke-117 akan di gelar 13-15 April

Palembang, Semarak.news – Haul Kiai Marogan yang digelar setiap tahunnya pada tahun ini akan di gelar pada tanggal 13-15 April mendatang.

Ketua panitia H. Masagus Ahmad Fauzan Yayan, SQ . saat ditemui usai audiensi dengan Gubernur Sumsel (16/3) mengatakan “insyaallah kami sudah bersiap siap, sudah berkoordinasi dengan Kapolda dan hari ini sudah audiensi dengan Gubernur dan penceramah juga sudah siap”

Penceramah dalam haul tahun ini berasal dari Jakarta dan lombok, yaitu Prof. K. H. Syukron Ma’mun, BA, K. H. Taufik Thoyib Lubis dan Tuan Guru Bajang.

“Untuk jamaah sudah kita undang dan ditargetkan pada tahun ini mencapai 15.000 jamaah” ungkapnya.

Haul pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. “tahun ini mengusung konsep menghidupkan budaya Palembang, mulai dari busana yang di pakai panitia, arak-arakan, silat Palembang, hidangan ala palembang, dekorasi panggung juga ala Palembang. Kita hidupkan budaya Palembang karena Ki Marogan itu asli dari Palembang”.

Pada acara tersebut nantinya juga ada acara parade kapal hias untuk mengenang tapak tilas dakwah Ki Marogan dari masjid di Lawang Kidul menuju masid Marogan di Kertapati.

“Tiga hari itu diisi dengan dzikir, ziarah, khataman quran, santunan anak yatim dan ada juga Haul massal”.

Mengenai tanggapan dari Gubernur, ustadz Yayan menyampaikan bahwa Gubernur mendukung kegiatan dan akan memberikan bantuan teknis.

Haul yang diselenggarakan bertujuan untuk mengenang jasa perjuangan dakwah dari Asy-Syeikh Kiai H Mgs Abdul Hamid bin Asy-Syeikh Kiai H Mgs Abdul Mahmud atau yang biasa dikenal dengan Kiai Marogan.

Almarhum Kiai Marogan merupakan pendakwah dan pejuang dimasanya karena merupakan perintis dan penyebar dakwah di Sumatera Selatan melalui sungai Musi dan sungai Ogan ke daerah-daerah.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN