Hasil Rapat Pleno Terbuka KPU Sulawesi Utara

Foto bersama dewan rapat plena terbuka Pleno KPU Sulut
Foto Bersama Komisioner KPU Sulut, Bawaslu Sulut, Forkopimda Sulut, KPU Kab/Kota Se-Sulut, dan Perwakilan DPW parpol peserta pemilu

Manado, Semarak.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara melaksanakan rapat pleno terbuka “Rekapitulasi, Penyerahan Usulan Penataan Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi DPRD Kabupaten/Kota serta Konsultasi Publik Se-Sulawesi Utara”. Rapat pleno terbuka dilaksanakan di Hotel Best Western, Kota Manado, Sulawesi Utara, Senin (26/2) pukul 07.30 s.d. 17.15 WITA.

Rapat pleno dipimpin oleh komisioner KPUD Sulut yang terdiri dari Ketua KPUD Sulut, Yessy Y Momongan dan anggota KPUD, yaitu Ardiles Mewoh, Vivi George, dan Zulkifli Golonggom. Acara ini dihadiri pula oleh Forkopimda, yaitu Asisten I Gubenur Edison Humiang mewakili gubernur Sulut, Kasubbid Penmas Polda Sulut AKBP Hansjen Ratag mewakili Kapolda Sulut, Kasdispers Lanud Sri Manado Letkol Enos Pasudung, Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Dumoga La Haja, Asintel Lantamal VIII Kolonel (Laut) Yulianus Arinando, Bawaslu Sulut, anggota KPU Kabupaten/Kota Se-Sulut, dan masing-masing perwakilan DPW Partai peserta Pemilu 2019.

Rapat pleno dibuka pada pukul 13.30 WITA dengan rangkaian kegiatan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, pembacaan doa, pembukaan mengenai rapat pleno oleh Ketua KPU Sulut, proses rekapitulasi dan penetapan dapil oleh 15 KPU kab/kota Se-Sulut, penanda tanganan BAP usulan dapil dan alokasi kursi ditingkat provinsi oleh Komisioner KPU Sulut, dan penutupan. Pada pembukaan rapat pleno, Yessy Y Momongan mengatakan acara hari ini yaitu rekapitulasi usulan dan penataan dapil 15 kab/kota, penyerahan berkas rekapitulasi penataan dapil dan alokasi kursi DPRD kabupaten/kota dari KPU kabupaten/kota ke KPUD Sulut.

“Rapat pleno terbuka mengenai rekapitulasi, penyerahan usulan penataan daerah pemilihan dan alokasi kursi DPRD kabupaten/kota serta konsultasi publik Se-Sulawesi Utara merupakan program kerja terakhir saya dimasa jabatan selama 5 tahun ini” ujar wanita berkacamata ini.

Hasil dari rekapitulasi dan usulan penataan dapil dan alokasi kursi DPRD kab/kota tidak banyak berubah dari Pemilu 2014. Hanya beberapa yang berubah, yaitu KPU Kab. Kep. Talaud nambah jumlah kursi dari 20 menjadi 25. Penambahan 5 kursi di Kab. Kep. Talaud pertimbangan adanya peningkatan jumlah suara. Sementara itu, KPU Kab. Minahasa Utara mengusulkan dua usulan yaitu 4 dapil dengan jumlah kursi 30 dan 5 dapil dengan jumlah 30 kursi. Selain itu, KPU Kab. Minahasa mengusulkan dua usulan, yaitu 4 dapil dengan jumlah kursi 35 dan 5 dapil dengan jumlah 35 kursi.

Setelah dilakukan penyerahan berkas rekapitulasi dari KPU Kab/Kota ke KPU Sulut, Komisioner KPU Sulut menandatangani Berita Acara Penetapan (BAP) tersebut untuk selanjutnya dikirim ke KPU Pusat. Setelah penandatangan BAP, dilakukan sesi foto bersama. (Ar)

TINGGALKAN BALASAN