Hari Peringatan Pers PWI Jabar, Media Dituntut Jadi Benteng dari Hoaks

Bandung, Semarak News – Perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan dampaknya terhadap kehidupan masyarkat sehari-hari menjadi topik utama dalam peringatan Hari Pers Nasional PWI Jawa Barat, Jumat (23/2/2018) di Hotel Grand Asrilia Bandung.

Tamu yang diundang dalam peringatan ini antara lain struktur PWI dari tingkat pusat, provinsi, serta semua kabupaten dan kota di Jawa Barat. Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan media masa di Jawa Barat.

“Media memiliki peran penting dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Setiap informasi yang disebar haruslah benar dan terverifikasi kebenarannya,” sambutan dari Ahmad Heryawan Gubernur Jawa Barat.

Aher sapaan akrab Gubernur Jabar mengatakan, media harus mempunyai cita-cita luhur menyatupadukan potensi bangsa dengan potensi media supaya bisa membangun bangsa dengan sangat baik.

“Masa depan masyarakat kita tergantung pada media. Apabila media sejak awal media dengan benar dan sehat membangun karakter bangsa, media punya peran sangat penting dalam hal itu,” ujar Aher.

Aher menyebutkan, pada masa milenial ini masyarakat dengan mudah mendapatkan informasi dari internet. Sehingga setiap informasi yang sebarkan haruslah selalu dipastikan akurat kebenarannya.

Gubernur Jabar meminta media masa selalu memberika berita-berita yang bermanfaat yang dapat menjadi rujukan terpercaya bagi masyarkat. Terkhusus untuk mengantisipasi berita hoaks yang sering beredar di media sosial.

Plt Ketua Umum PWI Sasongko Tedjo mengatakan sampai saat ini media massa atau pers mampu menjadi penerang informasi terpercaya bagi masyarakat.

“Pers mampu menjadi penerang, menjadi rujukan untuk mencari kebenaran. Di era yang tidak karuan ini, di antara jutaan informasi, media massa bisa menjadi acuan kebenaran,” ujarnya. (Zul)

TINGGALKAN BALASAN