Harga Sejumlah Kebutuhan Pokok di Kota Ternate Masih Stabil

0
173
Suasana di Pasar Barito Bahari Berkesan, Kota Ternate, Maluku Utara

Ternate, Semarak.News – Sejumlah harga kebutuhan pokok seperti cabai, tomat dan bawang di Ternate dalam sepekan terakhir masih stabil. Kenaikan harga hanya terjadi pada komoditi cabai rawit\yang sebelumnya berada pada posisi harga Rp 35.000,00/Kg, saat ini pada kisaran harga Rp 40.000,00/Kg s.d. Rp 50.000,00/Kg.

“Kenaikan harga cabai rawit disebabkan oleh kurangnya pasokan dari Halmahera sehingga harus mengambil pasokan cabai rawit dari Makassar,” kata Ketua Forum Pemasok Kota Ternate, Nursidik.

Nursidik juga mengungkapkan bahwa sebenarnya kenaikan harga juga terjadi pada komoditas kentang, akan tetapi kenaikan harga tersebut masih dapat ditekan sehingga harga jual di pasaran Kota Ternate tidak terjadi kenaikan.

Sejauh ini pasokan sayur dari Manado, Sulawesi Utara masih aman dan tidak terpengaruh oleh meletusnya Gunung Soputan, akan tetapi Nursidik mengkhawatirkan apabila kondisi cuaca terus panas dan intensitas hujan kurang, maka bisa saja bulan depan terjadi kelangkaan dan kenaikan harga pada komoditi sayur.

” kalau kondisi cuaca terus panas dan tidak turun hujan, tanaman sayur akan mengalami kekeringan dan akan berdampak pada pasokan bulan depan, saya khawatir hal tersebut akan berdampak pada kenaikan harga,” ujarnya.

LEAVE A REPLY