Hapus Citra Negatif Pasar Tradisonal di Palembang

Wawancara dengan Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi, Drs. Hanafiah MM dalam Seminar Pemberdayaan Perdagangan Pasar Tradisional

Palembang, Semarak.News.com – Pasar Tradisional identik dengan kata kotor, becek, bau, banyak sampah, parkir semerawut, dan berbagai kesan buruk lainnya. Tentunya hal tersebut menjadi salah satu konsen Pemerintah Kota Palembang menjelang event ASIAN GAMES 2018 di Palembang.

Dalam rangka mengoptimalkan pengelolaan pasar tradisional, Pemerintah Kota Palembang menyelenggarakan Seminar Pemberdayaan Perdagangan Pasar Tradisonal dengan tema “Pemberdayaan Perdagangan Pasar Tradional Menuju Palembang Emas 2018″(8/3)

Seminar Pemberdayaan Perdagangan Pasar Tradisional tersebut dibuka oleh Staf Ahli Wali Kota Bidang Ekonomi Pembangunan dan Investasi, Drs. Hanafiah MM.
“Saya berharap dengan adanya seminar ini pengelolahan pasar tradisional di palembang akan semakin baik terlebih menjelang event internasional yang sebentar lagi akan segera dilaksanakan di palembang”, ungkapnya.

Diharapkan dengan mengundang Ketua PD Pasar Palembang Jaya, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang serta Kepala Satpol PP dapat mengevaluasi dan memberikan wawasan bagi 10 perwakilan dari setiap pasar di Palembang tersebut. Selain pedagang, petugas keberihan,petugas parkir, dan petugas keamanan yang ikut serta dalam seminar juga dapat menjalin komunikasi dengan instansi yang berkenaan yang pengelolahan di pasar tradisional.

Pasar adalah tempat interaksi antara produsen dan konsumen, serta berfungsi sebagai pusat perekonomian masyarakarat.
Hanafiah menyampaikan,”Pemda Palembang memiliki progam pengelolaan pasar yang modern dan bersih, sehingga diperlulan peningkatan pengelolahan pasar tradisional agar tidak kalah dengan pasar modern”.

Pembenahan pasar tradisional adalah tugas dan tangung jawab kita bersama. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pembinaan SDM, optimalisai manajemen pasar, keamanan pasar, renovasi pasar, pembangunan pasar baru,dan peningkatan pengetahuan pedagang tradional.

“Diharapkan peran serta masyarakat untuk mendukung optimaliasi pasar tradisional dan mendukung progam pemerintah kota Palembang”, pungkasnya. (SAY)

TINGGALKAN BALASAN