Gelar Apel Siap Siaga Bencana, BPBD Kab. Banjar Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan

Sumber : Semarak News

Martapura, Semarak News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Banjar menggelar apel siap siaga bencana bersama beberapa instansi dan satuan dalam rangka memeringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional yang jatuh pada hari ini, Kamis (26/4). Instansi dan satuan yang turut berpartisipasi dalam apel tersebut diantaranya TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Perwakilan Satpam Perusahaan, Satuan Manggala Agni (Pemadam Kebakaran Hutan), Palang Merah Indonesia, Tim Reaksi Cepat BPBD dan beberapa relawan BPBD yang berasal dari lapisan masyarakat.

Apel yang dipimpin oleh Kapten Infanteri Fathul Mubin dan diambil oleh Wakil Bupati Saidi Mansyur tersebut berjalan tertib dan khidmat. Setiap peserta apel dengan seksama mendengarkan arahan dari Wakil Bupati yang disampaikan dalam amanat apel tersebut.

Wakil Bupati menyampaikan bahwa daerah Kab. Banjar memiliki potensi yang cukup besar terjadinya bencana alam baik di musim kemarau maupun musim hujan. Di musim kemarau Kab. Banjar mempunyai kerawanan bencana berupa kebakaran hutan dan lahan, sementara di musim hujan kerawanan bencana berupa banjir.

“Kabupaten Banjar ini potensi bencananya cukup besar, kalau kemarau rawan kebakaran hutan dan lahan, sedangkan kalau musim hujan rawan banjir,” Kata Beliau.

Wakil Bupati juga mengharapkan partisipasi dari masyarakat dalam membantu penanggulangan bencana dengan melaporkan setiap bencana yang terjadi secepat mungkin sehingga bencana tersebut dapat segera diatasi.

“Penanggulangan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah, namun peran masyarakat juga sangat diperlukan. Masyarakat dapat segera melaporkan titik bencana yang terjadi kepada setiap unit BPBD yang bersiaga sehingga bencana tidak semakin meluas dan dapat segera ditanggulangi.” Tambahnya.

Simulasi Penanggulangan Kebakaran

Setelah apel selesai, acara dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran oleh unit – unit yang sudah ditugaskan.

Simulasi berawal dengan adanya titik kebakaran di sekitar kantor BPBD. Unit Damkar segera datang dan menanggulangi kebakaran tersebut, namun api sudah terlanjur meluas hingga kantor BPBD sehingga Tim Reaksi Cepat ditutunkan untuk menyelamatkan personil yang masih terjebak di dalam gedung. Setelah berhasil dievakuasi keluar gedung, personil yang terjebak segera mendapat tindakan medis dari dinas kesehatan dan PMI. Seluruh titik api pun sudah dapat ditanggulangi.

Sekretaris Daerah Kab. Banjar, Nasrun Syah yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Pemkab Banjar juga akan berkoordinasi dengan perusahaan – perusahaan dalam upaya penanggulangan bencana terutama kebakaran hutan.

Nasrun Syah mengatakan, ”Kami juga sudah berkoordinasi dengan perusahaan dalam penanganan kebakaran hutan, khususnya perusahaan yang memang beroperasi di kawasan hutan Kab, Banjar. Kerja sama yang ada adalah perusahaan tersebut membentuk tim khusus penanggulangan bencana di internal mereka sendiri.” (TN)

 

TINGGALKAN BALASAN