FPC 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 Dibuka

FPC 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018, Mataram

[sumber: Mabes TNI]

Mataram, Semarak.news – Final Planning Conference(FPC) resmi dibuka oleh Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ari Atmaja, S.E. Acara tersebut bertempat di Ballroom Golden Palace Hotel Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Selasa (06/03). Asops Kasal menandai dibukanya pelaksanaan FPC 3rd Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 dengan “Pemukulan Gong”. Kegiatan 3rd MNEK 2018 yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut akan berlangsung pada tanggal 4–9 Mei 2018 mendatang.

Final Planning Conference (FPC) tadi pagi merupakan rangkaian persiapan MNEK 2018 setelah sebelumnya diselenggarakan kegiatan Initial Planning Conference (IPC) dan Middle Planning Conference (MPC). Tema yang diusung adalah “Cooperation to Respond Disaster and Humanitarian Issues” (Kerja Sama untuk Menanggapi Bencana dan Permasalahan Kemanusiaan). Hadir pada acara tersebut Pangarmabar, Kasarmatim, Danlantamal VII/Kupang, Para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, serta seluruh Delegasi dari Negara-negara peserta 3rd MNEK 2018.

Rangkaian kegiatan FPC MNEK 2018 telah diawali dengan acara Ice Breaking dan dihadiri oleh delegasi dari 24 Negara peserta. Negara-negara tersebut nantinya akan bergabung dalam kegiatan 3rd MNEK 2018 yang digelar di Pulau Lombok dan sekitarnya.

Asops Kasal dalam amanatnya menyampaikan, “Diskusi dan pembahasan ini dianggap sangat penting demi suksesnya 3rd MNEK 2018. Latihan bersama ini merupakan aktivitas yang sangat penting dalam rangka meningkatkan kemampuan dan hubungan di bidang kemaritiman serta membangun kerjasama antar Angkatan Laut dari masing-masing Negara peserta.”.

MNEK 2018 adalah latihan bersama yang melibatkan banyak negara salah satu tujuannya untuk membangun kepercayaan Angkatan Laut Negara-negara di dunia khususnya yang berkaitan dengan permasalahan keamanan maritim.

Kegiatan ini tentu akan meningkatkan pendapatan masyarakat maupun pemprov karena turut mempromosikan Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi para wisatawan dari manca negara maupun wisatawan lokal dimana MNEK sebelumnya telah dilaksanakan di Batam dan Padang.

Usai dibuka secara resmi, pelaksanaan FPC 3rd MNEK 2018 diawali dengan penjelasan dari Komandan Guspurlatim Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M.Tr. (Han) selaku Komandan Satgas 3rd MNEK 2018 terkait dengan materi pembahasan dalam FPC 3rd MNEK 2018.

Dalam pelaksanaan FPC ini, seluruh delegasi mengadakan diskusi dan pembahasan terkait pelaksanaan 3rd MNEK 2018. Selain diskusi, pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan peninjauan oleh perwakilan dari seluruh ke tempat-tempat yang akan dijadikan lokasi rangkaian kegiatan 3rd MNEK 2018. Meliputi Lombok Utara untuk lokasi kegiatan pembangunan infrastruktur atau Engineering Civic Action Programme (Encap) dan bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (Medcap), rumah sakit Mataram untuk fasilitas Chamber, Pulau Gili Trawangan yang dijadikan lokasi transplantasi terumbu karang, serta Pelabuhan Lembar yang akan dijadikan lokasi Fleet Inspection.

Penandatangan Minutes oleh Dansatgas MNEK 2018 beserta seluruh delegasi dari negara peserta mengakhiri Kegiatan FPC MNEK 2018. (tya)

TINGGALKAN BALASAN