Fonaha Zega Sang Penghianat Rakyat, seorang Koruptor di Nias Utara masih Berkeliaran

harisansib.co

Medan,Semarak.News. Pengangkatan Drs. Fonaha Zega,M.AP (FZ) sebagai Plt.Sekda Nias Utara menuai polemik serius dan menjadi pembahasan diberbagai kalangan masyarakat sampai awal Maret 2018, yang belum mencapai kepatuhan hukum dan peraturan. Sebelumnya FZ telah diputuskan bersalah melalui putusan Pengadilan Negri Medan No: 17/Pid.Sus.K/2013/PN.Mdn tangal 20 Mei 2013 yng menyatakan FZ terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan TINDAK PIDANA KORUPSI secara bersama-sama dan dijatuhi hukuman selama 2 tahun 2 bulan penjara.

Setelah melalui proses yang panjang mulai dari pengangkatan FZ sebagai Sekretarus Dinas Sosial kemudian menjadi plt.Kadis Sosial, kemudian mengikuti seleksi Jabatan Pimpinan Pratama (JPT) yaitu eselon II, FZ mengincar jabatan Asisten I,Pemerintah Sekda Nias Utara dengan ambisi mendapatkan jabatan Plt.Sekda nantinya.FZ berhasil mencapai keinginannya hingga ke posisi Plt. Sekretaris Nias Utara pada September 2017. Akan tetapi pengangkatan FZ sebagai Plt.Sekda Nias Utara menuai kecaman dan hujatan dari berbagai pihak yang merasa tidak pantas untuk FZ menduduki jabatan tersebut, mengingat perbuatannya sebagai penghianat rakyat dengan memakan uang rakyat yang dipercayai ke pemerintah. Hal tersebut tentunya membuat kepercayaan masyarakat kepadanya, dan merusak marwah serta wibawa dari Pemerintah Kabupaten Nias Utara.

Berbagai surat pengaduan dan pelaporan telah disampaikan kepada BKN Regional VI Medan, Gubernur Provinsi Sumut, hingga ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) yang sudah turun langsung ke lapangan. Semua elite instansi tersebut mengeluarkan statment yang sama yaitu merekomendasikan untuk pemberhentian dengan tidak hormat an.Fonaha Zega dari statusnya sebaga Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang otomatis jabatan yang sedang dipegang juga harus ditinggalkan. Akan tetapi hingga saat ini, Bupati Nias Utara, M.Ingati Nazara belum juga mengeluarkan surat pemecatan FZ ke Presiden sampai batas waktu yang ditetapkan oleh KASN melalui surat No:B-2782/KASN/10/2017 tanggal 31 Oktober2017 dengan sifat :segera yairu dalam waktu 1 bulan yang sudah berakhir bulan lalu.

Ketidakpuasan masyarakat terus berlanjut hingga telah datangnya berbagai surat rekomendasi pemecatan FZ yaitu dari BKN No:P.IV.26-30/Z.2-5/40 tertanggal 9 Februari 2018 terkait permasalahan hukum FZ dan pada poin ke-IV pihak BKN menyatakan : a. FZ harus diberhentikan tidak dengan hormat sebagai PNS oleh Bupati TMT 31 Agustus 2013; b.Pemblokiran data FZ untuk mencegah kerugian negara karena seharusnya FZ sudah di pecat.

Tindakan Bupati Nias Utara yang sangat lambat dan terkesan melindungi penghianat rakyat, sangat mengecewakan masyarakat yang memilihnya. Bagaimana mau melakukan pembangunan dan perubahan, apabila untuk berjalan saja kaki tangannya cacat, dan cacatnya merupakan cacat hukum yang tidak bisa ditolerir. Masyarakat meminta Bupati untuk segera memenuhi tuntutan dan cekaman tersebut, sesuai dengan peraturan yang diuraikan oleh KASN dan BKN, jangan menipu rakyat lagi dan jangan buat rakyat bertanya-tanya mengapa anda begitu takut, begitu enggan untuk melepas penghianat rakyat, seorang koruptor Drs. Fonaha Zega,M.AP. [AW]

TINGGALKAN BALASAN