Kabar Bahagia Untuk Warga Tepian Mahakam, Universitas Mulawarman Tebar 100 Ribu Ekor...

Kabar Bahagia Untuk Warga Tepian Mahakam, Universitas Mulawarman Tebar 100 Ribu Ekor Bibit Ikan

0
132
Pelaksanaa Kegiatan "Restocking Ikan" di Dermaga Kantor Gubernur Kalimatan Timur (photo: B. A. Hidzra, Semarak.news)

Samarinda, Semarak.News – Para jajaran Dekan dan Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Mulawarman yang berkolaborasi dengan para mahasiswanya menggelar acara untuk melestarikan lingkungan di Sungai Mahakam dengan bertemakan “Restocking Ikan”.

Kegiatan yang diadakan di Dermaga Kantor Gubernur Kalimantan Timur tersebut dihadiri oleh para mahasiswa  dari FPIK Universitas Mulawarman juga para Staff, Dosen, Dan Jajaran Dekan .  Sebagian warga Kota Samarinda juga terlihat tertarik untuk melihat dan mengikuti acara ini.

Robin Kurnia salah satu mahasiswa FPIK yang mengikuti kegiatan tersebut menjelaskan bahwa sumber dana dan bibit ikan yang berjumlah 100 ribu ekor itu berasal dari pihak FPIK Universitas Mulawarman yang mana budidaya ikan tersebut dikelola oleh jajaran Dekan FPIK Universitas Mulawarman.

“Acara ini mayoritas dihadirinya oleh para mahasiswa baru, jadi sekaligus juga memperkenalkan kegiatan yang berkaitan dengan fakultas kita” tutur Robin.

Pelaksanaa Kegiatan “Restocking Ikan” di Dermaga Kantor Gubernur Kalimatan Timur (photo: B. A. Hidzra, Semarak.news)

Untuk mendukung kegiatan ini pun, kegiatan perkuliahan dan praktikum FPIK Universitas Mulawarman  dikosongkan mengingat pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk Edukasi Lingkungan khususnya bagi Mahasiswa FPIK dan masyarakat pada umumnya.

Kegiatan ini pun dibarengi dengan pemberian materi mengenai pentingnya pelestarian lingkunan dan manfaat meciptaka kegiatan sepertini ini. Narasumber nya pun berasal dari jajaran Dekan FPIK itu sendiri antara lain Dr. Ir. H. Iwan Suyatna, M.Sc., DEA (Dekan FPIK Unmul), Dr. H. Bambang Indratno G. S.Pi., M.Si (Wakil Dekan 1 Bidang Akademik), Dr. Ir. Said Abdussyahid, M.Si (Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Perairan).

Dari penyebaran 100 ribu ekor bibit ikan ini diharapkan paling sedikit 60% yang terus akan bertahan hidup dan berkembang biak di Sungai Mahakan, yang mana kedepannya dapat menopang perekonomian warga pesisir Sungai Mahakam itu sendiri. Kegiatan ini patut dicontoh oleh berbagai kelompok, ormas, dan mahasiswa lainnya di Kota Samarinda khususnya dan di seluruh daerah pada umumnya.

(BAH/BA)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY