Fakta Penting Dalam Membentuk Tubuh Ideal

gambar ilustrasi

Jakarta, Semarak.news – Tubuh proporsional adalah dambaan sebagian besar orang didunia. Bahkan di berbagai tuntutan kerja badan proporsional bisa menjadi syarat utama. Tapi bagaimana jika tubuh susah kurus padahal olahraga lebih sering ketimbang kebanyakan orang yang sudah kurus.

Sebelumnya kita harus mengetahui dasar tentang berat badan, secara umum logika bertambah nya berat badan dikarenakan asupan kalori perhari melebihi TDEE (Total Daily Energy Expenditure) atau energi yang kita perlukan pada hari itu. Untuk menghitung jumlah kalori yang kita perlukan perhari nya, bisa di hitung lewat website tdeecalculator.com, disana kalian akan diminta mengisi beberapa data seperti umur, tinggi, maupun aktivitas. Jika kita sudah mengetahui berapa jumlah kalori perhari yang dibutuhkan maka itulah yang menjadi acuan.

Sering dikatakan bahwa jika ingin menurunkan berat badan maka banyaklah berolahraga. Memang betul, tetapi jika pola makan kita tidak teratur itu akan percuma. Profesor ilmu olahraga di University of Texas, dari Philip Stanforth memberi jawaban yang mengejutkan. “Penelitian cenderung menunjukkan bahwa dalam menurunkan berat badan, diet memiliki peran yang lebih besar daripada olahraga,” dikutip dari laman Science Alert.

Lebih jelasnya, olahraga membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten. Dan, butuh waktu cukup lama untuk melihat hasilnya, kata Stanforth. Olahraga, kata dia, hanya membakar sedikit kalori dari yang kita kira selama ini. Jika ingin membakar lebih banyak kalori, butuh waktu lebih lama lagi.

Alternatifnya, ada banyak makanan tinggi gula, lemak, dan kalori yang bisa kita hapus dari daftar makan pagi, siang, dan malam kita. Ya, diet makanan memberi efek signifikan pada lingkar perut kita, kadang dalam waktu yang singkat. Stanforth memberi contoh, anda harus berjalan 56 kilometer (km) untuk membakar 3.500 kalori. “Itu jalan yang sangat banyak,” kata dia.

Namun, jika Anda mengontrol apa yang Anda makan, misalnya sebungkus Snickers yang mengandung 500 kalori. “Akan jauh lebih mudah menghapus sebungkus Snickers daripada harus berjalan 8 km setiap hari,” jelasnya.

Apalagi jika anda adalah seorang bodybuilder yang mempunyai badan gempal, padahal sudah merasa mampu mengangkat berat lebih banyak daripada seorang bodybuilder yang mempunyai otot besar. Mungkin otot anda bisa lebih besar daripada orang itu, hanya mungkin otot-otot anda tertutupi oleh lemak yang membuat anda terlihat lebih gempal.

Maka dari itu diet makanan dengan lebih fokus ke protein akan sangat membantu anda dalam membentuk tubuh yang ideal. (ABP)

TINGGALKAN BALASAN